Pantai Jonggring Saloko

Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Malang tak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi salah satu andalan wisata alam yang ada di sini. Terutama bagi Anda yang suka sekali dengan petualangan harus mengunjungi satu pantai yang terletak di Kecamatan Donomulyo. Donomulyo terletak sekitar 48 km dari Kota Malang. Kecamatan yang topografinya berupa lembah dan bukit ini memiliki hawa yang cukup sejuk serta mempunyai  10 desa yaitu Tulungrejo, Banjarejo, Kedung Salam, Tempursari, Mentraman, Donomulyo, Purworejo, Sumberoto, and Purwodadi. Kebanyakan orang di sini bekerja sebagai petani , PNS, guru, dan sebagian ada yang menjadi TKI / TKW di Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Di Donomulyo terdapat pantai Jonggring  Saloko yang sangat indah. Dengan menghadap langsung ke arah laut lepas Samudra Hindia. Akan sangat menyesal jika Anda tidak sempat menikmati keindahan alam ini. Selayaknya pantai yang menghadap ke samudera, pantai Jonggring Saloko memiliki ombak yang cukup besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di dekat pantai ini terdapat batu-batuan karang yang menahan ombak sehingga kita masih bisa bermain-main dibibir pantai merasakan deburan ombak Samudrea Hindia.

Jonggring Saloko berjarakn 69 km dari Malang dan terletak di Desa Mentraman. Di cerita pewayangan Jonggring Saloko adalag tempat tinggal Batara Naradha dimana dikisahkan bahwa tempat ni adalah tempat yang sejuk, indah dan sangat nyaman serta mempunyai pemandangan yang indah. Anda akan menemukan dua hal yang menarik di temapat ini yaitu pantai pasir hita dan “ngebross”. Dinamakan pantai pasir hitam tentu saja bukan karena pasirnya benar-benar hitam. Namun pantai ini memberikan hamparan pasir pantai yang terlihat berwarna hita bila diliat dari jauh. Tentu saja ini hal yang cukup menarik jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang kebanyakan berwarna putih.

Dan satu hal lagi yang mungkin tidak Anda temukan di pantai lain yaitu ngebross. Negbross ini adalah istilah yang  oleh warga sekitar atas fenomena alam yang terjadi. Di pantai ini terdapat satu batu karang yang sangat besar dan memiliki lubang ditengahnya. Setiap air laut mulai pasang maka air akan mengisi rongga yag terdapat dibatu karang tersebut. Karena tekanan air yang besar dan jumlah air yang banyak menyebabkan ada air yang keluar dari lubang yang ada di batu tersebut. Dengan mengelurkan sejenis uap dan berbunyi seperti “brosss”. Itulah mengapa ada sebagiain orang yang menyebutnya sebagai pantai ngebros. Unik bukan?

Pantai yang ada di Malang selatan berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di daerah lain. Untuk bisa mencapai pantai kita harus melewati daerah lembah dan perbukitan yang tidak jarang jalannya masih berbatu atau macadam. Begitu juga yang akan Anda alami ketika Anda berkunjung ke sini. Tapi saya rasa itu tidak masalah. Karena selama perjalanan Anda yang “menyenangkan” , Anda akan dihibur dengan pemandagan yang masih sangat rimbun dan ketika Anda sampai di pantai Anda akan berteriak “WOW!”.

Jalan dari Malang hingga Donomulyo berupa jalan aspal biasa yang sudah halus. Anda mungin akan menghabiskan waktu sekitar 40 menit dengan mengendarai motor. Perjalanan belum selesai begitu saja. Begitu sampai di gapura Desa Mentraman Anda akan segera merasakan “suasana” yang berbeda.  Dari Gapura hingga pantai membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan jarak hanya 11 km. Bisa dibayangkan bagaimana kondisinya kan? Mengenaskan? Tentu bukan mengenaskan. Topografi alam yang berbukit dan berlembah membuat kita untuk sedikit sabar dan telaten untuk mencapai tujuan. Tapi, semua itu akan terbayar ketika Anda sampai di pantai.

FYI, jika Anda berminat dating ke tempat ini saya sarankan untuk berangkat pagi sehingga siang hari Anda bisa kembali ke Malang. Sebab, di daerah pantai sendiri tidak terdapar sumber penerangan listrik. Jumlah penduduknya pun juga masih tidak begitu banyak. Benar-benar menantang adrenaline bagi Ada yang suka sekali bertualang. Sempatkanlah untuk datang kesana dan rasakan sendiri keindahan pantai dengan pasir hitam dan “ngebros” nya itu.

 

Categories: Jalan-Jalan | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Pantai Jonggring Saloko

  1. bagus postingannya.. kapan bisa ke pantai ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: