Berdiri (sebuah trilogi -2)

WANGI!!! Aku sudah selesai berbenah diri setelah beberapa jam hanya diam duduk dan melihat. Aku telah memakai pakaian terbaikku. Sepotong kemeja bergaris biru dipadukan dengan celana bahan berwarna hitam dan sepatu pantovel. Minyak wangi pun sudah kusemprotkan. TAMPAN!!! Ya itulah aku. Aku begitu merasa tampan. Biarlah orang menganggapku teralu percaya diri. Tapi jelas aku tampan.

Aku berdiri di depan pintu. Memandang matahari yang terik tepat sepenggalah di atas kepala. Waktu dhuha dan aku telah siap untuk melangkahkan kaki ke jalanan aspal yang pana. Satu amplop coklat, beberapa lembar ijazah, kertas folio, lem, dan pasfoto ukuran 4 x 6 telah tersususn rapi dalam sebuah map yang kumasukkan ke dalam tas cangklong hitamku.

Hari begitu panasnya seperti hendak memecahkan matahari dari peredarannya. Aku masihy tak peduli. Ku terjang hawa tak bersahabat ini dengan menenteng sebotol jus jeruk yang aku bawa dari rumah tadi. Semakin panas, kulihat baru jam 9 pagi. Rasanya sudah setahun kutinggalkan pulau kapuk di tengah ruangan berukuran 3 x 5 meter. Masih bau bantal nampaknya. Masih ingin menikmati sisa kopi tadi pagi.

Aku tak kuat. Aku duduk saja di halte. Menunggu bus kota yang padat penumpangnya. Hah…nampaknya akan semakin panas dicampur keringat-keringat manusia yang juga sedang berusaha berdiri sepertiku. Belum berjalan, apalgi berlari. Hanya berdiri. Karena sesunguhnya aku dan mereka masih berada dalam titik koordinat yang sama dengan tadi pagi.

Tapin tunggulah tak lama lagi akan kuberjalan. Berpindah seperseribu bujur dan lintang. Demi sesuatu yang bisa membuatku berjalan tapi juga terbang. Yah…ini semua karena mimpi kemarin malam. Yang sempat membuatku duduk lama hanya untuk memandahg jendela dari dalam kamar. Biarlah untuk saat ini aku hanya bisa berdiri, tetap sambil berpikir bagaimana ditempat tujuan nanti akan dibuuatnya aku tak sekedar berlari tapi juga terbang.

TERBANG…..
to be continued….

Categories: Nyastra | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

