Bangga dengan Ketidakbisaan??!!

“Aku lo jek tas iso nggawe jurnal pas semester loro” (Aku loh baru bisa bikin jurnal pas udah semester dua)

Kemarin selepas siaran saya pergi ke sebelah untuk makan siang (kantinnya ada disebelah studio siaran). Seperti biasa, kantin rame dengan anak-anak yang juga sedang mengisi perut kosongnya sepulang kuliah. Tidak lama setelah itu saya sudah siap dengan piring berisi nasi dan sayur sop plus lauk-lauknya. Saya duduk di depan studio lah, biar bisa lihat Devie dan Nizar siaran.

Entah, walaupun sebenarnya tidak berniat menguping pembiacaraan orang lain, orang-orang di meja sebelah sepertinya sedang asyik berdiskusi sesuatu. Apa yang mereka obrolkan dapat saya dengar dengan jelas. Kalau tidak salah, ada tiga orang mahasiswa dan dua orang anak SMA semuanya lelaki. Yang anak SMA saya bisa tahu sekolahnya dimana (dilihat dari badgenya tentu), kalau yang kuliah saya pikir dari kampus “atas”.

“Kamu jurusan apa SMA?”, anak kuliah A
“IPS. Tapi aku ga bisa akuntansi kemarin ujian semester ngawur semuanya”, anak SMA A
“Hahah…Aku lo jek tas iso nggawe jurnal pas semester loro“, jawab anak kuliah A

Heran. Kok ada ya jaman sekarang anak yang bangga sama ketidakbisaannya?? Apa memang sekarang orang udah cukup puas sama apa yang dia tidak bisa capai? Lucu juga sih dengernya, dari kampus “atas” yang isinya anak orang kaya saya pikir malah akan lebih elite kampusnya, sehingga ga ada tuh mahasiswa yang ga pinter. Ternyata salah, baru saja saya membuktikan bahwa ada seorang mahasiswa yang bangga karena ga bisa ngerjain soal akuntansi.

Si anak kuliahan ini ambil jurusan akuntansi (dilihat dari obrolan mereka). Saya sendiri  anak akuntansi, jadi tahu donk mata kuliah akuntansi belajar menjurnal itu semester berapa. Pengantar Akuntansi 1 atau Principle Accouunting, dulu saya pake bukunya Pak Warren dan Reeves. Hehehe. Kalau sampai ada anak yang udah lebih dari semester dua tapi ga bisa menjurnal yang disangsikan dosennya atau si mahasiswanya emang ga pernah masuk?

Sudah separakah itu mahasiswa Indonesia yang bangga dengan apa yang dia tidak bisa padahal seharusnya dia menguasainya. Satu lagi hal lucu dari Indonesia ini. Banyak orang yang mengumbar ketidakbisaanya. Apapun niatnya, konyol ya berbangga dengan kelemahan kita. Kelemahan sih bukan buat dibanggakan lagi tapi buat dikalikan sama kekuatan sehingga jadi kesuksesan. Kalau niatnya ingin ngasih tau jadi mahasiswa itu gampang (karena ga bisa menjurnal pun bisa tetep lanjut semester) menurut saya itu hal bodoh. Kalau memang dia tidak bisa menjurnal sampai semester dua, itu malah lebih bodoh lagi.

Cerita seperti di atas ini sering lho kita temui di kehidupan sehari-hari kita. Lihat aja tuh di televisi! Orang-orang yang kurang mampu (atau bahkan yang mampu sekali pun) malah bangga lho ketika dirinya masuk  waiting list penerima subsidi uang tunai, beras miskin (raskin), atau sumbangan lain dari pemerintah. Miris ya kalo melihat sama kondisi seperti ini. Jelas Indonesia ga maju-maju karena orang-orangnya pengen disuapi terus, pengen pamer ketidakmampuannya, bangga dengan apa yang dia tidak bisa.

Itu juga mungkin yang membuat koruptor-koruptor bangga sama perbuatan menilep uang negara. “Hebat donk saya bisa ngambil duit saudara-saudara setanah air semuanya, dipenjara ga takut kan saya sudah pesan kamar ber-AC dan berfasilitas lengkap.

Ayo donk mahasiswa bangun!! Kalau sampai sekarang bangga karena IP selalu nasakom (nasib satu koma) atau PMDk (Persatuan Mahasiswa Dua Koma), mana bisa kita jadi pemimpin agung untuk Indonesia di masa mendatang? Indonesia ini sudah banyak rusaknya janganlah dibuat makin rusak sebab pemikirian meremehkan seperti ini. Apa yang rusak di Indonesia harus dibenahi bukan di bangga-banggakan. Kamu mau coba untuk tidak bangga dengan kelemahan kamu?

Categories: Campur-Campur | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

