Have You Ever Been Dropped Out?

Drop Out? Saya pernah mengalaminya. Mungkin saya adalah satu dari sekian banyak orang yang sempet di drop out atau dikeluarkan oleh tempat cari ilmu.

It has been more than two years ago, waktu saya jadi mahasiswa di salah satu sekolah kedinasan yang kampusnya ada di Bintaro, Tangerang. It was a dream bisa masuk kampus yang katanya sukses bikin banyak orang kecewa gara-gara tes masuknya susah. But I totally passed it walaupun cuma bertahan empat semester aja sih. Ga nyangka juga saya jadi bagian dari segelintir orang yang merasakan momok paling ditakutkan di kampus tersebut. Biasanya kalau bukan karena IP dibawah standar (kalau tidak salah minimal 2,75 untuk semester genap), sering bolos, ada mata kuliah wajib yang dapat nilai D atau E, dan yang kasusnya seperti saya, cheating while doing your examinations.

Masih inget banget saya, ujian Pengantar Keuangan Publik. Ga susah sih sebenarnya, tapi entah kenapa dorongan nyontek muncul begitu saja. Apalgi ada temen yang semalem baru share jawaban kisi-kisi ujian lewat notes di facebook. Emang saya ga bakat nyontek atau emang apesnya saya kali ya, nyontek kali itu ketahuan sama pengawas ujian. Handphone disita, tulis di berita acara, tanda tangan dan dapat dipastikan ada hasil yang kurang menarik untuk dibaca saat pengumuman IP semester. Gosh…it was merely a bad dream.

Saya pernah baca beberapa artikel yang isinya menceritakan tokoh-tokoh dunia yang pernah gagal dalam akademisnya. Sebut saja Bill Gates. Who doesn’t acquaint him? Gadget yang lagi kamu pake sekarang buat baca tulisan saya juga didukung sama beliau (biar bajakn juga sih). But, he succesfully beared out that being dropped out is not the end. Setelah membaca sebuah artikel tentang software Altair gitu beliau malah dikeluarin dari kampus. Eventually, dia sama temannya malah bikin satu perangkat yang dikasih nama Micro Soft (sekarang Microsoft). Sejarah mencatat dia pernah menjadi orang terkaya di dunia.

Udah pernah denger juga tentang komposer musik yang diragukan karena orang tersebut punyta gangguan pendengaran? Bukan Song Sam Dong yang ada di serial Dreamhigh lho ya, hahhaa. Yes, he is Ludwig Beethoven yang tuli tapi lagu-lagunya malah banyak dipuji sama orang sedunia. Komposer yang asli Jerman ini pun sukses mencatatkan sejarah hidupnya.

Tidak semua DO-ers kaya mereka juga mungkin ya. Karena saya juga kerap menemui mereka yang akhirnya jadi kriminil gelap mata yang melakukan berbagai aksi kejahatan. Dari sini saya sadar, hidup kan elo yang bawa jadi ya terserah elo maunya kemana. Habis DO pengen jadi orang sukses ya harus berjuang, mau jadi pelaku kriminal ya tinggal njambret aja. Kadang saya malu cerita kalo saya ini pernah di-DO dari kampus dulu.

Apa yayang mau disampaikan ke orang pas mereka tahu, “Oh…dulu pernah DO?”. Atau harus bangga karena ada sebagian orang yang mengatakan, “Wah…hebat ya dulu bisa masuk situ!”. Hrrr…bingung deh jadinya. Tapi ya sudahlah, itu kan bagian dari perjalanan hidup ya yang tidak semua orang pernah dapatkan.

Apa jadinya saya yang sudah dua tahun lebih dari DO? Sampai sekarang saya masih menikmati asyiknya mengudara menyapa banyak orang dengan suara sumbang yang kadang di merdu-merdukan. I’m still looking for something and I don’t know what it is. Yang pasti saya ingin membuktikan juga seperti dua orang tadi yang mampu berjuang sampai mendapat pengakuan. Salah satu kebutuhan manusia kan mendapat pengakuan. Saya sudah mengawali untuk mengukir prestasi.

Kalau sampai harus berhenti sekarang tentu sangat disayangkan. Sedang banyak orang yang mendukung untuk bekerja lebih baik lagi. Off course, i want succeed like Gates, Beethoven, or anyone else yang sukses walopun pernah, DO. Ini Cuma sharing aja buat yang pengen perspektif curhatan dari seorang yang pernah DO. Saya belum sukses, masih ada banyak langkah untuk dapat itu yang namanya sukses. Ini jujur, blak-blakan saya yang pertama tentang drop out sejak pertama kali di drop out.

Categories: Campur-Campur | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Have You Ever Been Dropped Out?

  1. Hidup siaran!!😉

  2. Hidup mahasiswa!!

  3. SINTHIA

    GW JUGA PERNAH DO// N GAK NYESAL!!

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

