Kiamat Sudah Dekat (?)

Everybody is talking about “the end” but no one knows when will it come?
Sadar g sih beberapa tahun belakangan ini orang-orang mulai banyak berbicara tengang hari akhir atau hari kiamat? Coba lihat beberapa film yang menjadi box office lantaran mengangkat tema kiamat.  Pebisnis perfilman berlomba-lomba membuat film dengan tema berakhirnya hari dimana manusia akan segera diadili oleh-Nya.

Tahun 2009 seorang sutradara Hollywood bernama Rolland Emerich mengguncang dunia dengan film yang berjudul 2012. Diilhami dari kisah kalender Suku Maya yang mengatakan bahwa tahun 2012 (tahun ini dong berarti) dunia akan segera berakhir. Jadilah, orang-orang menyaksikan film yang menyuguhkan efek luar biasa tentang kiamat.


Mundur ke tahun 2008 juga ada film Knowing yang dibintangi sama Nicholas Cage juag berkisah tentang hari akhir. Berawal dari penemuan Profesor John Koestler yang memecahkan sebuah kode dari time capsule seorang dimasa lalu, dirinya menemukan bahwa akan terjadi bencana maha besar berdasarkan ramalan tersebut. Wow…isn’t it scary finding our “end-day”?

Robot-robot juga ga mau kalah ternyata. Masih inget donk sama kisah robot yang jatuh dari planet bumi? Robot yang berasal dari planet autobot. Hell yeah, now a robot can predict and cure an end. Di sekuel ketiganya “Dark of The Moon” diceritakan bahwa dunia akan segera hancur karena para deception akan mengambil energi bumi untuk kembali menghidupkan planetnya. How amazing Steven Spielberg is!

Ga cuma sampe situ aja. Kalo kamu udah nonton film Spy Kids 4 : All Time In The World kita akan dikejutkan sama rencana si Mr. Tick Tock yang bakalan menghentikan bumi, it means that the world is begin to be ended. Hiii…serem. walaupun ternyata tujuan orang tadi bukan bikin kiamat but I’m still wondering why “kiamat” became a theme for kids movie? It really does, kiamat jadi komoditi bisnis yang cukup menjanjikan.

Selain itu juga masih banyak sebenarnya film-film  yang mengakat tema kiamat terutama film-film dari Hollywoood sih. Lihat aja film The Day After Tommorow yang udah pernah rilis tahun 2004 lalu ini juga berkisah tentang kembalinya dunia ke jaman glasier. Selain film, lagu-lagu juga banyak kok yang berkisah tentang kiamat.

Inget sama lagunya Madonna ft Justin Timberlake berjudul “4 Minutes”. Ada lirik yang intinya “we just have 4 minutes to save the world”. Hmm…tujuannya mungkin buat ngingetin kalo dunia juga butuh diselamatkan sebelum kiamat. Lagu cinta-cinta Chris Brown sama Justin Bieber yang Next To You itu juga temanya kiamat. Mereka bilang dalam liriknya kalo dunia langit runtuh aku akan ada disampingmu. Yes…sky falling refers to end.

Apakah benar-benar segala hiburan bertema kiamat ini mengingatkan kita bahwa kiamat memang benar adanya dan bisa terjadi kapan saja? Apakah mereka mencoba meramalkan kapan terjadinya kiamat? Apakah goal bisnis mereka tercapai ketika mereka membuat sesuatu yang temanya kiamat? Ataukah kita semakin sadar bahwa kiamat memang sudah dekat?

Well, people discuss abot it but we never know the precise time. Kita manusia memberikan hiburan-hiburan berupa film dan lagu-lagu semata agar kita selalu waspada dengan bencana yang bisa datang kapan saja. Sempet juga sih kepikiran kenapa ya film-film berbau kiamat malah dibikin sama orang Hollywood? Bukannya muslim lebih paham soal ini karena sudah ada ayat-ayat yang mengaturnya?

Teman, kiamat memang benar adanya. Dalam Al-Quran juga sudah tertulis bahwa hari itu akan datang saat Malaikat Isrofil meniup sangsakalanya. Kiamat tidak hanya disebutkan sekali dalam Al-Quran. Beberapa surat seperti Al – Qori’ah, Al- Zalzalah, Al – Infithar, At – Takwir dan lain sebagainya. Kiamat yang digambarkan Al-Qur’an jauh lebih dahsyat dari apa yang digambarkan pada film 2012.

Ini bukti teman, bahwa kiamat itu sedang disiapkan oleh Allah. Kapan terjadinya jelas tidak ada yang mengetahui. Tuhan menyimpan rapat rahasia kapan Dia menyuruh Isrofil menjalankan tugasnya. Tuhan menyimpannya baik-baik seperti Dia membuat misteri atas jodoh, rezeki, dan mati kita. Kenapa? Karena Allah ingin manusia selalu siap kapan saja kiamat datang. Bagaimana menyiapkannya? Tentu dengan beribadah dan berdoa serta berbuat yang terbaik selama kita hidup.

Sesunggunya gunung meletus, tsunami, banjir, kebakaran hutan, dan kematian adalah kiamat sughra atau kiamat kecil yang juga tidak pasti jadwalnya. Bekerjalah dengan giat seolah-olah kita akan hidup selamanya di dunia. Berdoalah dengan taat seolah-olah kita akan meninggalkan dunia esok hari.

Categories: Campur-Campur | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: