Achievement is Everywhere

Cerita ini tentang teman saya yang membuat saya semakin sadar  bahwa berprestasi bisa dimana saja.

Kemarin malam seorang teman dekat yang lama tidak mengirim pesan, tiba-tiba menyapa saya di Whats App Mesenger. Berbasa-basi menyakan kabar masing-masing dan sekadar asking “how’s life?”. Banyak cerita menarik yang saya dapat, salah satunya adalah pengalamannya menjadi karyawan teladan.

Menjadi karyawan teladan mungkin adalah hal yang biasa saja. Tetapi kalau terbaik se-Indonesia tentu menjadi sesuatu yang luar biasa. Teman saya ini umurnya hanya selisih satu tahun dibawah saya. Sejak lulus SMK dia memutuskan bekerja. Pernah menjadi karyawan perusahaan retail dan terkahir dia bekerja di sebuah supermarket sebagai kasir.

Entah bagaimana ceritanya, malam itu dia menceritakan pengalamannya ke Jakarta karena mendapat penghargaan sebagai kasir terbaik, terbaik se-Indonesia. Kemudian saya banyak bertanya bagaimana dia bisa mendapatkan prestasi sekeren itu. Katanya, penghargaan ini dinilai dari pusat. Menilai keramahan, kecepatan, dan ketilitian seorang kasir. Seriously, I never tought about it previous.

Menurut saya sih dia keren. Membuka pemikiran kita bahwa untuk berprestasi bisa dimana saja. Selama ini setiap berbelanja di supermarket tersebut saya atau kamu mungkin tidak menyadari ya kalau pekerjaan sebagai seorang kasir punya tanggung jawab yang besar dan ada penilaian di dalamnya. Dari cerita ini saya jadi sedikit mengerti.

Terus terang saya malu. Sudah seberprestasi apakah saya di bidang yang saya kerjakan sekarang ini? Membayangkan teman saya diajak keliling Jakarta dan mendapat penghargaan langsung dari pusat tentu sebuah hal yang membanggakan. Ini sebuah lecutan buat saya pribadi untuk semakin menguatkan ide-ide sehingga mampu berkarya lebih.

Tapi kapan sebuah prestasi itu kita anggap sebagai prestasi?

Categories: Campur-Campur | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

