Amazing Trekking to Pulau Sempu

Siapa yang tidak suka berwisata pantai apalagi pantai yang kita tuju memiliki pemandangan kelas dunia? Dimana ada tempat seperti itu? Jawabannya mudah saja sebab di Kabupaten Malang ada Pantai Sendang Biru yang memiliki pesona trekking Pulau Sempunya. It is amazing to see beach and walk accross island.

Terletak di Kecamatan Sumber Manjing Wetan sekitar 69 km dari Kota Malang. Perjalanan dapat ditempuh dalam waktu tiga hingga empat jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hampir tidak ada transportasi umum yang mencapai lokasi, bus yang biasanya membawa penduduk sekitar hanya berhenti hingga di pasar kecamatan saja.

Dari Kota Malang kita berjalan ke arah selatan menuju Turen, kemudian dilanjutkan ke arah Sumber Manjing Wetan. Tidak perlu bingung akan tersesat karena hanya ada satu jalur satu dengan penunjuk arah yang cukup jelas. Tidak ada yang spesial memang selama perjalanan tetapi di suatu titik sebuah bukit yang dilewati kita bisa melihat rumah-rumah di bawah seperti terbang rasanya.

Tiba di Sendang Biru kita harus membayar tiket sebesar Rp 6.000 saja. Jangan kecewa jika sampai disana yang kita temui hanya kapal-kapal nelayan yang berlabuh sebab tujuan utama kita adalah Pulau Sempu. Sendang biru adalah pantai sekaligus dermaga kapal-kapal nelayan setempat lengkap dengan Tempat Pelelangan Ikan.

Sempatkan untuk beristirahat sejenak di pantai sebelum memulai trekking Pulau Sempu. Setelah cukup bersantai memandangai kapal-kapal saatnya menyewa kapal untuk menyeberang. Kapal yang disewakan harganya sekitar Rp 100.000 untuk maksimal 10 orang. Perjalanan dari pantai menuju Sempu memakan waktu 15 menit.

Oya, jangan lupa untuk lapor ke petugas setempat dulu sebelum menyeberang. Biasanya kita akan ditanyai tujuan kita datang dan hendak bermalam atau tidak. Petugasnya sih cukup basa basi tapi ikuti alur saja dan berikan uang adminitrasi yang jumlahnya terserah kita. Ijin dapat kita berangkat!

Naik perahu nelayan melewati selat dan pemandangan Samudera Hindia. Cool! Perahunya sedikit berisik karena memakai tenaga diesel. Hehehe, but overall it was cool. Saat itu saya lagi membawa turis dari Belanda dan anak-anaknya yang masih kecil. Menempuh perjalan selama 15 menit saja kita sampai di titik awal trekking Pulau Sempu.

Grumnagel Family with the lovely children

Perjalan trekking menempuh waktu selama satu hingga dua jam menuju ke Segara Anakan, tempat paling favorit para pengunjung. Medannya tidak terlalu menanjak tapi cukup melelahkan juga karena tanahnya licin. Benar-benar serasa menjadi pemain film Indiana Jones.

Jangan mengeluh dulu karena perjalanan yang panjang dan melelahkan. Tunggu hingga benar-benar sampai di Segara Anakan yang membuat kita…… Ah, susah diungkapkan deh karena tempatnya bagus banget. Danau air laut yang dikelilingi hutan dengan pusat semburan air dari samudera. Kira-kira seperti ini fotonya.

See? How beautiful the place! Segara Anakan bukan danau yang sebenarnya. Ini seperti teluk tapi yang dikelilingi karang menyisakan satu celah untuk masuknya air dari Samudera Hindia. Pantai pasir putih yang indah, ombak yang tenang,  sinar matahari yang terik suara hutan, dan hembusan angin pantai. Wow, it was just a perfect combination.

Karena perjalanan yang lama ada baiknya kita menginap saja di Pulau Sempu, camping di piggiran Segara Anakan. Jika tidak ingin berkemah resikonya kita harus berangkat lebih pagi agar bisa menikmati keindahan pantainya.  malas trekking? Kita bisa memilih lokasi yang lebih dekat saja yaitu Pantai Waru-Waru. Seperti ini lokasinya.

Selain keindahan danau lautnya, dari karang-karang disekitar lokasi kita juga bisa melihat Samudera Hindia yang luas sekali. Ombaknya besar dan membuat jantung berdebar. Dan jika kita beruntung, setiap sore ada monyet-monyet yang menampakkan dirinya dalam jumlah yang banyak. Katanya monyet-monyet tadi bisa saja mengambil makanan kita jika mereka kehabisan makanan. Jadi hati-hati ya!

the great blue ocean called Hindia

Tips untuk yang mau pergi kesana :

–          Siapkan sepatu atau sandal yang nyaman untuk trekking, tidak jarang ketika musim hujan medan akan sangat licin sehingga kita butuh sepatu yang anti slip. Bisa menggunakan sepatu futsal atau sepatu karet.

–          Bawalah bekal air minum yang cukup karena di Pulau Sempu sendiri tidak ada penjual sama sekali.

–          Jika ingin berkemah trekking sebaiknya dilakukan setelah makan siang kondisi cuaca paling baik.

–          Waktu yang paling baik untuk mengunjungi sih pada musim kemarau ya.

–          Untuk yang baru pertama kali ke Pulau Sempu sebaiknya memakai jasa pemandu saja yang menunjukkan jalur agar kita tidak tersesat. Tapi kalau kita PD dan malas mengeluarkan uang lebih baik tidak perlu. Jasa pemandu ini membayar Rp 100.000

Menarik bukan menikmati keindahan pantai dengan cara trekking terlebih dahulu. Menurut saya Segara Anakan tidak kalah bagus dengan Phi Phi Island yang ada di Thailand kok.  Sudah saatnya kita coba wisata-wisata murah dan tentu saja menarik disekitar kita. Happy travelling!

Categories: Jalan-Jalan | Tags: , , , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Amazing Trekking to Pulau Sempu

1. emang Sempu bagus banget.. gak nyesel pernah kesana..