Tips Mendaki Semeru

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk para pemula yang ingin menjajal pendakian ini.

  1. Mendaki semeru memerlukan stamina yang cukup karena trekking dengan jarak 15 km dan waktu tempuh hingga 9 jam dalam sehari. Belum termasuk hiking dari Kalimati ke Mahameru yang melelahkan. Sebaiknya lakukan sedikit olahraga atau latihan jalan sebelum melakukan pendakian.
  2. Siapkan surat sehat dan fotokopi KTP untuk mendaftar di perijinan masuk Semeru. Petugas akan mendata setiap orang dan logistik yang dibawa agar mudah dimonitoring. Loket buka jam 7 pagi hingga 4 sore.
  3. Jika datang terlalu malam di Ranu Pane, pilihannya adalah menginap di pondok pendaki dengan biaya 50 ribu / orang. Atau kalau mau lebih hemat bisa tidur di teras pos perijinan dengan matras atau tikar yang kita bawa, resikonya kedinginan luar biasa.
  4. Bawalah barang-barang yang diperlukan ; tenda, sleeping bag, jaket / baju dingin, sarung tangan, kerpus, penutup telinga, dan obat-obatan.
  5. Logistik atau perbekalan juga harus diperhatikan oleh pendaki. Yang paling mudah adalah membawa mie instan tapi karena akan berkegiatan 2 hari kita bisa membawa beras, sayuran, dan makanan plastik yang mudah dimasak.
  6. Durasi yang ideal untuk perjalanan ini adalah 3 hari 2 malam ; satu hari trekking Ranu Pane – Ranu Kumbolo – Kalimati, satu hari trekking mahameru – kembali ke Ranu Kumbolo dan hari terakhir Ranu Kumbolo – Ranu pane. Hal ini biar kita tidak terlalu lelah.
  7. Ikuti tanda yang ada, biasanya akan ada tanda plastik berwarna merah putih disepanjang area yang dilewati.
  8. Untuk pemula yang membawa barang terlalu banyak dan tidak kuat, bisa menggunakan jasa porter dengan bayaran 100 ribu / hari /orang. Cukup murah meningat kita tidak perlu repot membawa barang terlalu banyak.
  9. Bawa pasokan air yang cukup baik untuk minum ataupun untuk masak. Ada beberapa pendaki yang membawa jirigen untuk diisi air ketika sampai di Ranu Kumbolo atau jika tidak ingin terlalu berat bisa mengambil di Sumbermani setelah sampai di Kalimati.
  10. Waktu ideal untuk trekking dari Kalimati menuju Mahameru adalah setelah pukul  12 malam. Biasanya pendaki akan memulai perjalanan jam 1 malam.Start yang terlalu awal membuat pendaki mencapai atas pada jam 2 malam dimana kondisi suhu paling dingin, ditakutkan mengalami hipotermia.
  11. Jangan membuang sampah sembarangan. Bahkan jika perlu, sampah-sampah setelah camping harus kita bawa kembali ke Ranu Pane sehingga lokasi tetap bersih.

Nah, kira-kira itu cerita dan tips saya tentang menjajal semeru. Selamat menikamti indahnya alam semeru yang menakjubkan ini. have a nice hiking! Lets love our nature!

 

 

 

Categories: Jalan-Jalan | Tags: , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Tips Mendaki Semeru

  1. tanks kakak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: