Keliling Singapore & Kuala Lumpur 2,5 Juta Rupiah (part 5-end) Batu Caves

Last day in Kuala Lumpur, energi kami sudah benar-benar terkuras habis rasanya. Untung hari ini ada paman teman yang mau jemput kita dan antar ke Batu Caves, tujuan terkahir kita. Sebelum berangkat ke Batu Caves kita sempetin lagi mampir ke Central Market buat beli oleh-oleh dulu. Hehehe.

Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan ke Batu Caves pun cukup gampang sebenarnya. Tinggal menuju ke KL Sentral dan ambil kereta yang langsung berhenti di Batu Caves. Biayanya hanya  MYR 2 saja sudah sampai tujuan.

Batu  Caves ini adalah tempat ibadaha orang India yang letaknya memang benar-benar di dalam goa. Saat kita memasuki area ini, kita langsung bisa melihat patung Murugan yang tingginya mencapai 50 meter. Yang jadi daya tarik adalah tempat ini berada di ketinggian 100 meter dan seolah-oleh nempel di tebingnya.

Untuk mencapai dalam goa kita harus melewati 270 anak tangga. Whoops! Lumayan juga rasanya naik tanggal sebanyak itu. Di dalam pun juga ga kalah worth it. Kami bisa melihat kuil-kuil orang India ditemani alunan lagu-lagu India. Jadi berasa sedang jalan-jalan di India. Berjalan-jalan di Batu Caves ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam biar tidak terlalu terburu-buru menaiki tangga.

clock wise : stairs to cave – stairs inside the caves – kuil – behind Murugan

Jam 4 sore kita segera menuju ke LCCT kembali untuk pulang. Wah, sudah berakhir ternyata liburan kami keliling Singapore dan Kuala Lumpur secara singkat. Puas dan senang rasanya bisa sedikit menjelejahi negara orang biarpun hanya negara tetangga sendiri tapi ada yang bisa dipetik dari negara tersebut. Memang  secara Keseluruhan Singapore lebih maju dari  negara kita, transport yang terintegrasi dengan baik, fasilitas untuk wisatawan juga sangat memadai,  dan hal-hal lainnya.

Perjalanan kami kali ini hanya menghabiskan uang sekitar 2,2 saja. Puas juga bisa jalan-jalan murah dengan modal pas-pasan. Sebenarnya ini budget minimal untuk yang mau pergi kesana. Kalau ingin menambah objek wisata berbayara seperti Universal, Genting, dan lain-lain cukup cantumkan saja perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Saya rasa tetap tidak akan melebihi angka 4 juta jika melakukan perjalanan sendiri. Happy travelling!

Categories: Jalan-Jalan, Malaysia | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: