Jalan-Jalan Ke Luar Negeri Tanpa Kartu Kredit, Ini Solusinya!

Jalan-jalan atau traveling rupanya menjadi hal yang semakin disukai banyak orang. Liburan merupakan alternatif melepas kepenatan setelah bekerja sehari-hari. Tetapi banyak diantara kita yang malu untuk memulai hobi “traveling” ini dengan alasan tidak mempunyai kartu kredit, terutama bagi yang ingin jalan-jalan ke luar negeri.

Jujur saja, beberapa kali melakukan perjalanan ke luar negeri (Singapura dan Malaysia), Saya jarang atau bahkan tidak menggunakan kartu kredit. Mengapa? Karena memang Saya tidak punya kartu kredit. Hehehe.  Tidak perlu khawatir jika belum mempunyai kartu kredit bukan berarti tidak bisa jalan-jalan ke luar negeri.

Ada tiga hal dasar yang harus disiapkan sebelum jalan-jalan yaitu transportas, akomodasi, dan berbelanja. Transportasi bisa berupa pesawat, kereta, bus, dan yang lainnya. Sedangkan akomodasi adalah pemilihan tempat tinggal yang pas selama traveling.  Dua hal ini bisa kita siasati cara pembayarannya tanpa menggunakan kartu kredit. Berikut ada beberapa hal yang bisa dijadikan alternatif untuk traveling tanpa kartu kredit, khususnya untuk daerah Asia Tenggara.

  1. Pesawat

Hal pertama yang harus disiapkan adalah pembelian tiket pesawat. Sekarang ini, semakin banyak perusahaan maskapai penerbangan yang memberikan kemudahan dalam melakukan booking (pemesanan) tiket pesawat. Ada maskapai yang mensyaratkan kepemilikan kartu kredit dan ada yang tidak. Low cost carrier (LCC) atau pesawat budget murah menjadi pilihan utama orang-orang yang ingin berpergian dengan dana terbatas. Contoh LCC yang melayani rute perjalanan seputar Asia Tenggara misalnya Air Asia dan Tiger Airways.

Dulu,  image memesan tiket pesawat murah adalah bagi mereka yang memiliki kartu kredit namun berbeda dengan kondisi sekarang ini. Pemesanan, pembelian, bahkan pembayaran bisa  dilakukan tanpa  kartu ktredit.

Air Asia yang sangat terkenal dikalangan backpacker sudah lama memberikan kemudahan dalam proses pembelian tiket pesawat. Buka saja webiste www.airasia.com kemudian pilih penerbangan dan isi data-datanya lantas kita bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan “klik BCA”. Klik BCA adalah sebuah layanan internet banking BCA dimana kita bisa melakukan pembayaran dengan token yang diberikan.

Berbeda dengan Tiger Airways yang dioperasikan oleh Mandala Air. Maskapai ini memberikan kemudahan pembelian pesawat promo melaui ATM saja. Ada dua pilihan ATM bank yang bisa dipilih; ATM BCA dan ATM Mandiri. Setelah selesai memilih penerbangan dan mengisi data, langkah selanjutnya yaitu memilih mode pembayaran dengan kartu kredit atau ATM. Pilihlah pembayaran melalui ATM saja untuk mudahnya. Setelah kode booking diterima, maskapai memberikan waktu tiga jam untuk melunasi pembayaran melalui ATM.

Sedikit catatan, pembayaran dengan mode tanpa kartu kredit ini bisa dilakukan untuk pesawat yang berangkat dari Indonesia baik single maupun round trip. Jika membeli tiket pesawat dengan kota keberangkatan luar negeri tetap akan membutuhkan kartu kredit.

2. Akomodasi

Yang tidak boleh terlewat dalam proses penyusunan rencana perjalan adalah pemesanan akomodasi: hotel, hostel, guest house, dan sebagainya. Banyak pula yang bertanya apakah bisa memesan penginapan tanpa kartu kredit? Bisa!

Pengalaman terakhir ke Singapura pada bulan Mei lalu, melakukan pemesanan penginapan tanpa kartu kredit sangat mungkin dilakukan. Selama ini situs pemesanan hotel yang populer seperti Agoda dan Hostelworld mesnyaratkan si pemesan untuk mencamtumkan kartu kreditnya. Namun, ada juga situs pemesanan yang tidak mensyaratkan kartu kredit lho. Coba klik www.booking.com yang merupakan webiste Indonesia (sepertinya juga ada based di Malaysia) menawarkan kesempatan memesan kamar tanpa kartu kredit. Intinya, situs ini memberikan kepercayaan kepada calon pengunjung untuk memesan dan wajib melakukan konfirmasi ke pihak penginapan secara langsung. Calon pengunjung tidak diwajibkan untuk untuk membayar deposit atau uang muka ketika proses booking. Sekali kita pesan cukup melakukan pembayaran penuh di penginapannya. Mudah kan?

Sign up ke situs tadi, cari penginapan yang diinginkan dengan tanggal keberangkatan yang direncanakan. Pastikan untuk memilih penginapan yang memberikan fasilitas “pemesanan tanpa deposit” yang artinya tidak perlu menggunakan kartu kredit. Setelah mengikuti proses dan mengisi data, pihak situs akan mengirimkan surel konfirmasi mengenai kode pemesanan, jumlah kamar, alamat penginapan, dan jumlah yang harus dibayarkan saat tiba. Dengan cara seperti ini, maka kartu kredit menjadi hal yang tidak diperlukan lagi kan?

3. Uang saku cukup

Hal yang tidak juga tidak bisa luput dalam melakukan perjalanan adalah mengestimasi berapa jumlah uang yang dibawa ketika melakukan perjalanan. Perencanaan budget yang bagus bisa mencakup apa yang dibutuhkan dan berapa yang harus dikeluarkan. Jika hal ini dilakukan, maka untuk sekadar membeli barang-barang diluar negeri bisa ditangani tanpa kartu kredit. Atau jika barang yang ingin dibeli harganya mahal, gunakan saja kartu debit atau ATM yang dimiliki. Asalkan di kartu debit tersebut tercantum loga Visa, Mastercard, atau Maestro yang banyak digunakan di luar negeri.

Nah, demikian ulasan tentang jalan-jalan ke luar negeri tanpa kartu kredit. Intinya, jangan pernah minder karena tidak punya kartu kredit lantas tidak bisa ke luar negeri. Yang penting tekad yang kuat dan uang pun mengikuti. Hahaha. Happy traveling!

//

Categories: Jalan-Jalan | Tags: , , , , , | 105 Comments

Post navigation

105 thoughts on “Jalan-Jalan Ke Luar Negeri Tanpa Kartu Kredit, Ini Solusinya!

  1. wah.. nice posting bang… terimakasih infonya :d

  2. dita

    kok di booking.com tetap diminta memasukan nomer cc ya?

    • kalau bisa cari hotel yang ada tulisan “smart deal” walaupun disuruh masukin cc tetap ga perlu diisi kok. saya duah ciba waktu ke KL kapan hari.

  3. Hany

    mas pnya rekomendasi gak hostel di singapura yang murah + bersahabat bagi org indonesia yg gk terlalu lancar bahasa inggris nya

    • Saya sudah dua kali menginap di Footprints Hostel, lokasinya strategis, hostelnya bersih, dan banyak orang Indonesia yang menginap disana. Booking hostelnya bsia lewat hostelworld(dot)com

  4. Devyn

    Tanya ya mas, kalo keberangkatan dari jepang, apakah pembayaran tiket Air Asia bisa menggunakan Debit Mandiri?
    karena saya lihat di tahap pembayaran ada pilihan kartu kredit dan debit.
    mohon infonya, makasih

    • kalo departure dari luar Indonesia tidak bisa pakai debit mandiri walaupun ada pilihannya. Jadi tetap kalau mau beli tiket keberangkatan dari luar Indonesia harus dengan kartu kredit.

  5. awan

    Mas kalau ke Bangkok or Phuket …ada rekom tempat menginap yg bagus tp murah gak Mas? Namanya apa? Thanks before….

    • Wah, saya baru mau ke bangkok bulan ini. nanti saya update lagi ya. tapi kalau mau tahu tentang bangkok coba cek di jejakvicky.wordpress.com

    • Waktu ke Bangkok minggu lalu saya menginap di Nasa Vegas Hotel. Lokasinya dekat dengan stasiun ARL City line harganya juga murah jika pesan di agoda atau booking(dot)com sekitar Rp 140.000/malam.

  6. mas sy mau tanya, jika booking tiket Tiger Airways menggunakan CC orang lain, apakah ketika akan terbang kita harus menunjukkan CC tersebut?terimakasih

    • Tidak perlu, yang penting nama di tiket sama dengan identitas. Namun jika ingin membeli tiket domestik atau internasional yang berangkatnya dari Indonesia, Tiger sudah memberikan kemudahan pemesanan via ATM yang lebih murah dan mudah.

  7. Sorta

    Mas, saya mau tanya, jika berbelanja dengan kartu ATM maka yang terpotong itu sebanyak SGD yang sudah dikonversikan ke IDR atau bagaimana? tks mas

    • Waktu saya beli buku di Kinokuniya Nge Ann Singapore dengan Debit Mandiri, saya cek di tabungan langsung terpotong sejumlah SGD yang dikonversikan ke IDR. Kursnya lebih murah dibandingkan kurs yang ada di monet changer untuk konversinya (mengikuti bank notes).:)

      • nuryuliadi

        Mengikuti bank notes yg di indonesia atau singapore??

  8. Reni

    mas, saya barusan coba booking di booking.com tapi ko tetep harus paje cc ya?? udah dicoba ga diisi tapi tetep diminta juga T.T

    • Kalau punya ATM coba isikan 16 digit nomor seri kartu ATM saja. Terus untuk kode 3 angka juga masukkan 3 angka yang ada dibalik kartu ATM. itu untuk amannya saja. Ada teman yang sudah coba pakai cari ini dan berhasil. Semoga membantu ya🙂

      • Reni

        sudah aku coba dan berhasil😉 terimakasiiihh

      • Happy traveling, Reni!🙂

      • Dwiaji

        mas, untuk kasus ini. udah berhasil isi dgn nomor kartu debit. Terus kita mau cancel, apa resikonya? apa otomatis saldo berkurang?

      • Halo Dwi,
        Saya kurang tahu gimana risikonya karena saya belum pernah melakukan pembatalan. Semoga membantu

      • Halo mas, untuk trik 16 digit nomor seri kartu atm dan 3 digit angka diblkang atm bisa digunakan untuk pmsanan hotel via agoda? Saya tidak punya CC dan hanya ada debit. Soalnya saya berencana booking hotel dari situs tsb. Kalaupun berhasil, Kira2 sampai dihotelnya apa akan diminta untuk menunjukkan kartunya? Lalu, apakah biaya hotel yg dikenakan, akan lgsung dipotong dari rekening atau no cvc/cvv itu hnya sbg penjamin dan biaya dbayar on the spot? Maaf, ini pngalaman pertma pesan hotel online jdi belum terlalu mengerti. Mohon bantuannya ya mas. Terima kasih.

      • Halo Mbak Rezky,
        Kalo lewat Agoda jelas ga bisa karena pemesanan via Agoda harus melakukan pembayaran di awal menggunakan CC. Kalau lewat situs booking(dot)com itu kartu cuma buat jaminan pemesanan saja karena pembayaran penuh dilakukan setibanya di penginapan. Semoga membantu ya.

      • Terima kasih mas buat jawabannya. Jadi gak bngung lagi hehehhe. ☺

      • Wahyu

        Iya gan.. bisa itu
        Aku booking hotel di KL Regalia suites lewat agoda.
        Suruh isi CC tapi yg ku isikan nomer kartu debit BNI ku hihihi. Nasib padan muka tak punya credit card.
        Sukses dan dikirim ID booking d email. Nanti bayarnya keterangan pay at the hotel.

      • Nice share mas Wahyu🙂

  9. rio

    mas kalo saya gak punya CC, cara booking hotel di bangkok gimana ya? pas check in juga diminta perlihatkan CC nya. thanks ya

    • Kalau memang terpaksa harus pake CC, biasanya Saya pinjam CC teman untuk booking penginapan. Pengalaman saya, pihak penginapan jarang meminta CC ketika kita mau cek in. Kalau booking di booking dot com nomer CC bisa diganti dengan nomer kartu ATM saja🙂

  10. Faizah

    Mas… rencana saya mau pergi ke Malaysia dan Thailand untuk bulan Maret nanti – tanpa kartu kredit. Biasanya saya bawa cash kalau keluar negri — nah karena saya belum tahu berapa lama akan tinggal saya ga mau bawa cash. Saya hanya punya akun BCA — kartu debit apa yang bisa di terima di luar Thailand dan Malaysia ya mas…. makasih….🙂

    • Halo mbak faizah,
      Kartu debit berlogo Visa, Mastercard, dan Maestro sebagian besar masih bisa diterima di Asia Tenggara. Kalau di KL paling banyak ATM CIMB Niaga, sekali tarik tunai lewat ATM dikenai biaya kurang lebih Rp25.000. Kalau di Bangkok kemarin Saya coba tarik tunai menggunakan debit Mandiri di ATM Bangkok Bank, satu kali penarikan juga dikenakan biaya THB 150. Saran saya kalau memang mau bawa debit sekalian ambil yang banyak saja jadi biayanya ga terlalu mahal (kalau di kurs-kan bisa lebih bagus dari kurs di maoney changer).

  11. Alfan

    Eh, maaf numpang promo. Mungkin bisa dipertimbangkan juga pesan hotel lewat VoucherHotel.com ( http://www.voucherhotel.com ). Daftar hotel internasional cukup lengkap, dan pembayaran pemesanan bisa dengan transfer bank. Jadi tidak perlu kartu kredit sama sekali. Dicek ya.😀

  12. Reinhart

    trimakasih mas untuk info2nya yg sangat berharga. Saya juga tidak punya kartu kredit dan berencana ingin jalan2 di sekitar asia tenggara. Boleh tanya, kalau prosedur u/ pemesanan hostel di singapura dengan transfer bank (tanpa kartu kredit) seperti apa ya? dan apakah mas ada rekomendasi hostel disana yg bisa bayar dgn transfer bank sj namun ckp bersih dan harga terjangkau? trimakasih banyak🙂

    • Halo Reinhart,
      Ada hostel ABC yang pemesanannya bisa langsung dilakukan di webiste ABC Hostel. Teman Saya ada yang pernah menginap di sana dengan pembayaran transfer DP (50%) melalui ATM BCA. Hostel ini juga direkomendasikan oleh Claudia Kaunang. Lokasinya strategis di dekat MRT Bugis (jalan kaki 5 menit).

  13. Ricky

    Mas, kalo di daerah bukit bintang hotel yg recomend untuk keluarga dmn ya…? Tp yg ekonomis jg🙂 thanks….

    • Halo Mas Ricky,
      Kebetulan saya belum pernah menginap di daerah bukit bintang.Karena di sana kawasan yang elit di daerah KL saya rasa cocok untuk keluarga. Silakan cek di booking(dot)com untuk info rate dan kualitas yang terpercaya untuk booking hotel.

  14. Novi

    saya sudah coba di booking dot com nomer CC nya diganti dengan nomer kartu ATM dan berhasil, tapi nanti pas di lokasi apakah ditanya CC nya? tks

    • Hai Novi,
      Tidak ditanya kok karena biasanya hotel yang bersangkutan hanya menerima uang tunai saja. Penggunaan nomor kartu itu untuk menjamin pemesanan kamar saja. Happy Traveling🙂

  15. permisi mas…. pingin tanya
    saya berencana ke Thailand dengan rute penerbangan:
    Surabaya – Phuket (Tiger Air)
    Phuket – Bangkok (AA)
    Bangkok – Surabaya… (AA)
    Jadi itu kan pesen tiketnya gak sekalian yang PP tapi terpisah-pisah…
    Nah, yang keberangkatan dari Phuket ke Bangkok dan dari Bangkok ke Surabaya itu bayarnya bisa tanpa CC kah mas? maklum baru pertama ke luar negeri jadi lum tau apa-apa…. hehehehe
    Terima kasih sebelumnya mas

    • Halo Mbak Dewi,
      Kalo untuk tiket yang itu harus menggunakan CC, mbak. Tapi kalau tidak punya CC bisa klik traveloka(dot)com itu menyediakan tiket tanpa harus menggunakan CC dengan harga yang sama.

  16. ovi

    Hallo mas, mau tanya nih
    Saya ada rencana mau ke seoul, kalo di booking.com itu kan ada guesthouse/hostel yg reservation possible without credit card, nah nati pas isi kelengkapan data bakal diminta masukin no. Cc ga ya?
    Keterangan dibawahnya juga hostel/guesthousenya cuma terima cash n tanpa cc
    trus kalo harus isi cc yg mas saranin isi no.atm aja buat jaminan tuh gimana ya? Apa murni buat jaminan? Ga dipotong dr rekeningnya? Terus apa kita juga abis booking harus konfirmasi lagi ke hostel/guesthousenya?
    maaf banyak tanya🙂

    • Hal Ovi,
      Kalau dari pengalaman Saya dan teman-teman yang sudah mencoba no kartu debit yang kita masukkan sebagai pengganti nomer CC itu hanya untuk jaminan. Pihak booking(dot)com juga tidak bisa langsung memotong sejumlah uang dari rekening kita tentunya. Itulah mengapa jika kita mau membatalkan menginap lebih baik konfirmasi segera ke hostel dan websitenya.
      Kebanyakan guesthouse memang tidak menyediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan cc, lebih baik dan mudah memang jika menggunkan uang cash saja.

  17. Sangat informatif. Semoga bisa mencerahkan para calon traveler yg ingin traveling ke luar negeri tapi belum punya kartu kredit🙂. Kalau mau jalan2 ke Eropa mampir ke blog kita ya mas, kali aja dapet inspirasi destinasi😀

    • Terimakasih.
      Wah keren nih sudah sampai Eropa😀

      • bayu bachtiar

        Mas q mau tanya ,,, kan kalau qta booking hotel lewat booking.com entar untuk pembayarannya gimana ,,, apakah saat tiba hotel qta bisa langsung membayar dengan. Kartu debit mandiri saya mas ,,, maklum belum punya cc ,,bulan mei ini saya berencana untuk ke manila mas ,, tq ,, n mohon bantuannya ,,

      • Halo Bayu,
        Gapapa kok kalau ga punya kartu kredirt, hotel-hotel itu menerima pembayaran baik cash maupun kartu kredit. Kalau memang ngga punya kartu kredit ya bayar pakai cash saja. Nah kalau mau ke manila coba buku blog temen saya yang pernah ke sana di jejakvicky.wordpress.com ya. Happy Traveling!

  18. tama

    Kalo misalnya beli tiket promo AA dari jkt – sin pp bayarnya bisa langsung bcaklikpay/klikbca kah?

    • Halo Tama,
      Bisa kok. Pembelian tiket Air Asia bisa dilakukan dengan klikbca atau yang terbaru menggunakan debit mandiri.

  19. Ayu Pratiwi

    Mas saya mau nanya kalau di booking.com yang pakai nomor atm itu bisa tidak kalau atm nya atm lokal yg tidak ada lambang Visa atau MasterCard?

    • Hai Ayu,
      ATM lokal maksudnya gimana ya? Sebaiknya memang ATM yang dikeluarkan oleh bank nasional yang memiliki lambang Visa dan atau Mastercard yaa.

  20. Tia Exsa

    mas mau tanya, aku udah nyoba booking di booking.com dan dapet harga yang pas bgt sma kantong, waktu aku masukin 16 digit kartu debit dan CC saya yang sudah hangus tetep bisa, nah sekarang masalahnya adalah ada tulisan pembayaran dimuka : 10 persen dari jumlah total akan dikenakan pada hari pemesanan.
    gmn ya itu? pdhal nomer kartu debitku udah gosong,.apa kita ttp hrs bayar 10% dulu atau bisa langsung byr semua pas check in ya mas..aq takut klo misal gak byr 10% itu pesenanku dibatalin..huhu,, trs disana kita gak ada tmpt bwt nginep gmn? how mas? kita jg gak tau bayar 10% itu lewat apa..

    • Dicoba dulu aja booking pake kartu itu. Nanti kalau dapat balesan email dari booking atau dari hotel kan bisa dikonfirmasi ulang. Atau lebih aman lagi pilih penginapan yang tidak mensyaratkan ada pembayaran DP.

  21. mas mau tanya… saya sudah booking hostel abc backpacker singapore 2 malam tgl 4-6 september 2014 melalui website booking.com dan di email sudah ada konfirmasi booking number dan PIN code. Nah, yg mau saya tanyakan apakah ada biaya dari nomor kartu debet visa saya nanti yg akan dipotong dari rekening saya?

    detailnya seperti ini : Prepayment
    50 percent of the total amount will be charged at least 3 days before arrival.

    terima kasih mas🙂

    • Halo Marwah,
      Biasanya sih kalo pake booking.com itu jarang ada pembayaran dimuka sampai sebesar 50%. Mungkin hanya sebesar 10% dan tambahan biaya lainnya.

      Tapi kalau memang langsung dikreditkan dari kartu debit kemungkinakan akan lansung seperti itu jadi menghindari pembatalan mendadak.

      Info lebih lengkap bisa coba hubungi nomer kontak servis Booking.com Indonesia.

  22. angelina

    Halo pak.. mau nanya, biasanya booking.com menulis bahwa cc Anda akan dipraotorisasi. Pembatalan h-3 sebelum check in, dikenakan biaya. Jadi kalo h-7 kan masih cancel gratis. Tapi kalo lewat dari itu, kena charge. Kalo kita pake ATM, ntar kepotong saldo kita ya?
    Soalnya aku pesan hotel utk tgl 3 juni
    Tp dituliskan free cancelation and pay nothing until 30 may.
    Gmn ya.. makasih banyak

    • Halo Angelina,
      Kalau kartu yang kamu pake ada logo Visa kemungkinan jika kamu cancel atau tidak datang otomasti akan dikredit dari rekeneingmu.
      Jadi segera pastikan ya kalau mau cancel disana.

  23. chy

    Halo tio.
    barusan aku coba booking via booking.com, untuk maret 2015. niatnya masih mau mencoba saja sih.. belum fix.. tapi ternyata tertulis ada biaya pembatalan sebesar 10%. karena saya penasaran apa benar akan dipotong, saya coba batalkan. dan nomor kartu yang sa masukkan adalah ATM dengan logo VISA. apakah mungkin rekening saya akan di ambil sebagai biaya pembatalan tersebut?? Hiks T_T

    • chy

      “If cancelled or modified up to 2 days before date of arrival, 10 percent of the total price of the reservation will be charged.If cancelled later or in case of no-show, 100 percent of the first night will be charged. ” ini peringataannya

      • Hi chy,
        Saya belum pernah mencoba membatalkan lewat booking(dot)com, tapi setahu saya ngga ada charged gitu untuk pembatalan. Kayanya situs booking(dot)com makin terkenal jadi ada peraturan yang berubah sepertinya. Lain kali kalau mau coba-coba booking tidak perlu pakai harga hotel yang mahal.

  24. Niniek

    sy rencana ke S’pore dengan menggunakan paket penerbangan pulang pergi+hotel (promo AA). Saat pembayaran d website AA, dminta pembyran menggunakan CC Visa/Master (tidak bisa cash/ATM). Kebetulan ada teman yg mau meminjamkan CC Visa-nya (jadi di website hrs mengisi no CC, tgl kadaluarsa dll, dimana pembyrn nantinya akan ditagih). Yg ingin sy tny apakah pihak AA (d bandara Jkt & Changi), juga hotel di S’pore nanti minta CC Visa-nya (teman yg punya CC Visa tidak ikut pergi ke S’pore).

    • Hai Niniek,
      Pengalaman Saya pihak maskapai tidak akan menanyakan cc yang dipakai saat melakukan pemesanan. Jadi, aman kok,niek, Happy Traveling!

  25. halo mas saya mau tanya… saya bbrp hari lalu kamar di booking.com dng cc. disitu tertulis no refund dan tidak ada tulisan free cancelation. nah yang mau saya tanyakan, apakah pembayaran itu akan dikenakan lsg ke kartu kredit saya atau pembayaran nanti pada saat check indi hotal. saya takutnya dobel payment. hehe makasi sebelumnya

    • Hai Nikita,
      Maaf baru sempat balas yaa…
      Hotel yang terdaftar di situs itu biasanya mengharuskan pembayaran cash jadi tidak akan ada double payment kok🙂

  26. Halo, kalau debit bca bisa gak narik duit atm di eropa ?

    • Halo iin,
      Saya belum pernah ke Eropa nih. Tapi asal di kartu ada logo Visa atau Mastercard dan logo ini ada di ATM sepertinya bisa.

  27. dilah

    maaf mau tanya, untk *bayar belakangan dan pembatalan gratis* dengan *tidak dapat dikembalikan* itu beda harga ya? beda hampir 700rb untuk 4malam. tidak adakah yang menyediakan *bayar belakangan dan pembatalann gratis* yanng sama harga dengan yang menggunakan cc?

  28. dilah

    maaf mau nanya, untuk *bayar belakangan dan pembatalan gratis* itu berbeda harga yang lumayan besar dengan yang berketentuan *tidak dapat dikembalikann*. itupun belum termasuk pajak 7%. adakah yang menawarkan harga yang sama murah nya biarpun bayar belakangan?

  29. Ina

    Tq sangat bermanfaat

  30. Meutia

    halo mas tio.. mas mau tanya nih.. rencananya saya mau pergi ke KL via darat dari spore..krn kbetulan dpt tiket murah balik k indonya via KL. nahh yg mau ditanyakan.. klo mau beli tiket bus/kereta ke KL ada yg cash ga ya mas? thx infonya

    • Halo Meutia,

      Ada dari terminal Queen Street, Bugis, bus yang langsung berangkat ke KL tapi harganya mahal karena pakai kurs SG. Lebih murah dari terminal Johor Bahru, di sana banyak loket tiket bus menuju KL.

  31. halo🙂 saya baca2 komen sebelumnya mas… kalau tidak ada CC mau booking hotel di bookingdotcom kan bisa menggunakan debit/kartu ATM ya… nah kalau saya lihat, kartu debit BCA (Gold) saya tidak ada 3 nomor/nomor lain di balik kartunya… hehehe jadi gmn ya mas utk yg 3 kode angka sisanya ?? terimakasih sebelumnyaa ~

    • Halo Dhesty,
      Maaf baru membalas komennya. Biasanya kartu yang disyaratkan untuk membayar itu yang ada logo visa. Setahu saya di kartu BCA hanya ada logo master card. Coba gunakan kartu yang ada logo visanya saja untuk booking dan ada security number.

  32. ninit

    Mas.. Saya mau nanya.. Tadi saya coba pesan hostel di booking.com dengan masukin no debit card shar-e gold dari bank muamalat yg ada logo visanya..
    Terus saya dapet konfirmasi no pemesana dan no pin..
    Boleh tau itu fungsinya apa ya selain ubah atau pembatalan?
    Apakah itu tanda pemesanan saya sudah diterima pihak hostel?
    Sesampainya sama dihostel nanti apa yang saya tunjukkan pada pihak hostel?

    • Halo ninit,
      Maaf baru balas komennya. No pemesanan fungsinya annti tentu saja ditunjukkan ke pihak hotel ketika akan check in. Barangkali ada fungsi lain tapi saya belum mencoba. Jangan lupa jua cetak bukti konfirmasi pemesanan melalui laman booking(dot)com.

  33. Kalau pesawat sekarang bisa pakai web agent kayak Traveloka atau Nusatrip, bisa pake ATM atau debit online. Bahkan beberapa kali pakai web agent tsb kena diskon lagi dan nggak percaya dpt harga lbh murah dari web airlinenya.

    Oh ya kalau pakai booking.com agar mengkonfirmasi seminggu sebelumnya via email ke hotel tersebut, krn pernah sekali saya ditolak di SG krn okupansi full pdhl sdh pegang bookingannya. Kemarin juga di SYD kartu debit saya sempat didecline, namun bookingan msh bisa dipakai walaupun hrs bayar penginapan scr cash.

    Debit card berlogo visa/mastercard itu penting bgt di luar negeri buat jaga2 aja kalau kenapa2.

  34. Fardini

    Mas kalo beli tiket AA penerbangan internasional ke indonesia bisa pake kartu kredit orang lain gak? tapi orangnya gak ikut. Apa harus menunjukkan cc ssaat check in?

    • Halo fardini,
      Bisa kok, tidak ada ketentuan kita beli pake cc orang lain. Yang penting boarding pass sesuai dengan nama ada di paspor

      • fardini

        Oh begitu ya, soalnya saya baca ada beberapa maskapai yg kdg minta nunjukin cc nya. Klo peach aviation utk korea-jepang udh pnh coba blm mas? Mksh

  35. lily

    Mas sy masih bingung pesen di booking.com .. isi pake nomor debit tetap ga bisa. Ada pilihan cc nya visa,mastercard dll .. sy harus isi apa ya .? sama ada masa berlaku kartu.. trus 3 digit nomer juga sy mesti lihat dimana ya..? Maaf banyak tanya nya.. makasih ..

    • Harusnya sih selama kartu debitnya ada logo visa/mastercard tinggal masukkan angka yang di ada di kartu itu biasanya ada 16 digit. Kalau 3 angka ccv itu ada di balik kartu.

  36. hermanto Said

    mas mau tanya : sy sdh pesan hotel lewat booking.com ada keterangan bayar tunai : akomadasi ini hanya penerima pembayaran tunai, apa maksudnya.
    Apa hotel tersebut tidak menerima kartu cridit, hanya dengan bayar tunai.
    karena sy ingin membatasi membawa uang cash trims nya

    • Halo, Mas Hermanto
      Semua hostel yang pernah saya coba dan mungkin hampir kebanyakan pemginapan yang ada di booking(dot)com mensyaratkan pembayaran tunai. Jarang ada yang terima kartu kredit.

      Sorry for late reply. Happy traveling!

  37. reni

    Mas, sy be rencana ke Singapura. Sy punya tabungan Niaga (idr), apa bisa tarik tunai dari ATM CIMB Niaga di sana? Biayanya brp ya? Terima kasih🙂

    • Halo Mbak Reni,
      ATM Niaga atau CIMB Niaga banyak ditemui di Singapura. Selama di kartu debit ada logo visa atau mastercard/mastero, kartu tersebut dapat digunakan di sana. Mengenai biaya saya kurang paham, tapi saran saya akan lebih efisien sekali ambil dalam nominal yang banyak (biayanya tetap sama berapapun ambil dalam sekali transaksi). Happy Traveling!

  38. adis

    mas sy mau tanya klo daerah litle india di singapore kaya gimana dan hotel yg murah tp bagus,bersi ada ga ? soale minggu dpn sy ada kerjaan di dkt sana sedangkan saya blm pernah ke s’pore terimakasi

    • Halo Mas Adis, saya sih biasanya nginep di hostel (penginapan kaya asrama gitu). Tapi hotel pun banyak di sana yang cukup murah (standar singapore) dan fasilitas oke seperti Hotel 81 Dickson, Madras Hotel, ratenta di bawah sejuta. Atau coba dicek aja melalui web pemesanan hotel yang ada di internet, biasanya ulasannya dapat dipercaya kok.

      • zaini

        Hallo mas, kalau bayar hotel di Hyatt hawai..bisakah pakai kartu debit BNI..

      • Halo Mas Zaini,
        Hawai? Waah….saya belum pernah pake sampe sejauh itu. Coba ditanyakan ke call center BNI saja. Harusnya sih kartu apapun selama ada logo internasional (visa, mastercard, dll) bisa dipakai dimana saja.

  39. Indriana

    Halo Mas,
    Mau tanya denger2 atm di thailand cuma terima 4 digit pin ya ?
    kebetulan debit BCA saya 6 digit, kira2 bisa ambil uang di atm thailand ga ya ?😦 need info please….

    • Halo, Mbak Indriana.
      Setahu saya kartu debit 6 pin bisa digunakan di mesin ATM 4 digit pin. Nanti hanya 4 pin depan yang diakui ketika dimasukkan ke mesinnya. Mohon koreksi kalau ada yang salah. Happy Traveling!

  40. mpie

    Halo mas..mau tny juga klo bayar cash di hotel yg udh kt booking hrus pake mata uang negara itu atau boleh idr?? Soalnya klo sy liat d booking.com dicantumkan hrg dgn IDR..mohon penjelasannya..trimakasih

    • Halo, Mbak Empie.
      Pembayarannya harus pake mata uang lokal ya, mbak. Nanti setelah kita booking kan ada email konfirmasi. Di email tersebut akan dicantumkan berapa jumlah yang harus kita bayar dalam mata uang lokal. Semoga membantu ya.

  41. Halo mas, mau tnya. 3 digit terkhir di blkang krtu debit berlaku jg gak buat booking hotel dari agoda? Soalnya saya gak punya CC dan myoritas komen yg saya baca, kbnyakan temen2 pesennya di booking.com. mohon solusinya ya. Terima kasih.

  42. brigitta kalyla

    hello mas, aku mau tanya nih baru sekali booking di booking(dot)com dan menggunakam debit, kalau peraturan ada dp gitu gimana ya? tetap bisa ya walaupun pakai debit?

    • Halo mbak Brigitta,
      Pake DP atau pake deposit? Setau Saya jarang banget ada penginapan di booking(dot)com yang minta DP. Kalau kaya di hostelworld itu baru biasanya banyak yang minta DP 10% dari total.

  43. gan,kalo untuk booking tiket tempat wisata di luar negeri dari mana situs nya ya gan? yang ga pakai kartu kredit juga. thanks agan

    • Kalau ke Singapore atau Johor Bahru biasanya saya pesen di Ko Heru Budi.Dia jual tiket masuk atraksi wisata hampir di seluruh Singapore. Kalau di Bangkok sama Jepang saya biasanya beli di tempat aja kok. Kecuali kaya Madamme Tussaud itu biasanya saya minjem kartu kredit temen untuk nitip beli.

      ini link fb Ko Heru Budi https://www.facebook.com/heru.sidharta?fref=ts

  44. judy thomas

    Maaf Mas apa Master card BNI bisa utk pemesanan Hotel di Singapore? Dan apa klo dah pesan trus di cancel ,apa uang saya hilang atau saya kena charge di Credit card saya ? Trims….

    • Halo Mas Judy,
      Setau semua jenis kartu kredit bisa digunakan untuk booking hotel online. Phak hotel/website memberikan fasilitas free cancelation pada batas tertentu. Ada juga hotel yang mensyaratkan 10% DP, jika tidak jadi menginap ya cuma 10%itu yang harus kita bayar. Kalau saya sendiri lebih suka pemesanan yang tanpa DP dan bebas biaya pembatalan agar lebih fleksibel. Semoga membantu.

  45. Makasih kakak infonya sgt bermanfaat. Mau tanya kak, di bookingdotcom ada tulisan “pesan tanpa kartu kredit” tapi saat pesan suruh masukin no cc juga.. itu gimana ya.. soalnya q gak punya cc. Trim

    • Halo Almee,
      Masukkan saja nomer kartu debit (kartu ATM) yang kita punya. Itu fungsinya hanya sebagai jaminan saja kok dan administrasi untuk melanjutkan pemesanan kamar. Usahakan juga cari penginapan yang bebas biaya jika sewaktu-waktu kita ngga jadi pesan kamar. Ada tulisan “no cancelation payment”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: