Jalan-Jalan ke Singapura Hari ke-3: Universal Studio Singapore

Ada beberapa teman yang harus pulang pada hari ketiga, Saya sebagai ketua rombongan mengantarkan teman-teman ke Changi Airport. Pesawat mereka akan terbang jam 11.25 jadi paling tidak jam 9 kami sudah sampai di bandara. Penting sekali untuk tiba di bandara dua  jam sebelum keberangkatan, selain mengalokasikan waktu yang cukup untuk cek in, datang lebih awal juga menghindarkan dari ketinggalan pesawat. Pernah ada seorang teman yang ketinggalan pesawat dari Singapura ke Surabaya karena cek in satu jam sebelum berangkat tidak diperbolehkan. Nah, kalau sudah begini tentu akan ada tambahan biaya lagi yang menguras kantong ya.

Kebetulan jam 9 pagi Saya juga ada janji di MRT Changi dengan Ko Budi, warga Indonesia yang tinggal di Singapura. Saya membeli tiket masuk Universal Studio Singapore dari dia dengan harga yang lebih murah. Kalau kita beli langsung di loket USS, harga tiketnya SGD 74, tapi dari Ko Budi Saya mendapat harga SGD 65 saja. Selain tiket USS, Ko Budi ini juga menjual berbagai macam tiket atraksi dengan harga yang lebih murah dari harga normalnya. Jika ingin masuk USS dan atraksi lainnya silakan saja langsung kontak dia melaui facebook disini.

Changi Aiport Terminal 3

Tiket USS sudah ditangan, Saya segera kembali  ke hostel menjemput teman yang lain dan berangkat ke USS bersama-sama. Agar tidak lapar ketika main-main di USS, sebelum berangkat kami membeli makanan di  Unlce Wahyu lagi. Kali ini pilihan kami jatuh pada nasi ayam penyet seharga SGD 5. Kami minta nasinya dibungkus saja karena masih kenyang, rencananya nasi akan kami makan ketika sudah tiba di USS. Alasan kami bawa bekal sederhana saja, karena sepertinya beli makanan di USS mahal-mahal. Untuk mengehemat pengeluaran tidak ada salahnya kan bawa bekal.

Nasi Ayam Penyet SGD 5 di Uncle Wahyu

Nasi Ayam Penyet SGD 5 di Uncle Wahyu

Ada 2 jalur MRT yang menuju ke Sentosa yaitu jalur Circle Line (oranye) dan North South (ungu). Keduanya berhenti di MRT Harbour Front. MRT Harbour Front terletak di bawah Vivo City, pusat perbelanjaaan yang lokasinya berseberangan dengan Pulau Sentosa. Ada beberapa cara menuju Sentosa dari Vivo City. Yang pertama dengan naik monorel Sentosa yang stasiunnya terletak di L3 Vivocity. Seperti sudah Saya ceritakan bahwa untuk naik monorel dan masuk Sentosa kita dikenakan biaya sebesar SGD 4.

Monorel Sentosa (sumber: websire sentsosa island)

Monorel Sentosa (sumber: websire sentsosa island)

Alternatif lainnya untuk sampai ke Sentosa dari Vivo adalah melewati Sentosa Broadwalk yang bisa diakses dari L1 Vivo City, keluar dari MRT Harbour Front cari penunjuk arah menuju ke Broadwalk. Seperti namanya, broadwalk merupakan jembatan yang menghubungkan pulau Singapura dengan Sentosa, dari ujung ke ujung pengunjung berjalan kaki diatas selat sambil menikmati angin yang bertiup sepoi-sepoi. Tidak perlu khawatir lelah berjalan di jembatan sepanjang hampir 1 km ini sebab disepanjang jembatan ada beberapa travelator yang sangat membantu pejalan kaki. Kali ini Saya mencoba melewati broadwalk dan hanya dikenakan biaya SGD 1 saja untuk masuk ke Sentosa. Walaupun terkesan lebih lama waktu tempuh ke Sentosa, berjalan di atas broadwalk ini tidak kalah serunya dengan naik monorel Sentosa.

Broadwalk Sentosa

Broadwalk Sentosa

USS buka dari jam 10 pagi sampai 7 malam pada hari biasa dan sampai jam 8 malam saat akhir pekan atau hari libur. Di pintu masuk USS memang tertulis tidak boleh membawa makan dari luar, namun jika jumlahnya masih wajar untuk dikonsumsi sendiri tidak perlu takut makanannya akan disita oleh petugas. Tiket USS hanya berupa kertas kecil biasa dengan cetakan barcode disalah satu sisinya. Keuntungan membeli dari luar yaitu tidak perlu mengantri di loket USS sebab pada hari-hari tertentu antrian akan sangat panjang. Tips dari Saya, cobalah masuk USS sepagi mungkin kalau bisa sudah siap di depan gerbang USS sebelum jam 10. Jadi ketika gerbang dibuka segera bisa menikmati wahana-wahana seru di USS.

Gerbang Universal Studio Singapore

Gerbang Universal Studio Singapore

USS terbagi menjadi tujuh zona yaitu New York, Hollywood, Sci-Fi City, Far Far Away, Ancient Egypt, dan Lost World. Setiap zona memiliki wahana permainan seru yang harus dicoba. Bagi Saya yang paling menarik sekaligus menantang adalah Transformer Ride di zona Sci-Fi City. Transformer menawarkan sensasi dimana kita menjadi salah autobot yang harus melawan decepticon. Sekitar 10-15 menit kita dibawa naik turun dengan coaster dan layar 4D yang super canggih. Perlu diketahui bahwa wahana ini memang merupakan salah satu wahana favorit pengunjung USS. Worth dying for queuing almost an hour. Selain Transformer Ride masih ada wahana galaktika, roller coaster yang menjadi salah satu ikon di USS. Ada dua macam coaster yaitu werah dan biru. Sayangnya, pada saat berkunjug ke sana wahana galaktika sedang dalam masa perbaikan yang kabarnya hingga pertengahan tahun 2014. Padahal kalau sempat naik wahana ini tentu akan menjadi pengalaman yang pasti mendebarkan.

Pose di depan Sci-Fi City - New York - Galaktika

Pose di depan Sci-Fi City – New York – Galaktika

Selain Transformer Ride beberapa wahana yang juga harus dicoba adalah  wahana Revenge of The Mummy. Wahana ini bercerita tentang kisah Mummy Return dimana kita harus mengambil sebuah buku yang diambil oleh mumi. Hampir sama seperti Transformer Ride, permainan ini merupakan high speed indoor roller coaster yang membawa kita ke dunia yang sama sekali gelap. Permainan ini tidak disarankan bagi mereka yang mempunyai sakit jantung atau penyakit akut lainnya. Di zona New York ada wahana “Light, Camera, Action” yang dirancang langsung oleh sutradara kawakan Hollywood, Steven Spielberg. Kita diajak melihat cara pembuatan efek-efek dahsyat yang sering ditampikan di film Hollywood; angin kencang, badai, api, atau hujan petir semuanya terasa nyata.

Salah satu sudut di New York Zone yang berasa di Brooklyn

Salah satu sudut di New York Zone yang membuat kita serasa di Brooklyn

Saya akan berikan beberapa tips lain yang mungkin bisa berguna saat mengunjungi USS:

  1. Datanglah sepagi mungkin saat gerbang USS baru dibuka jam 10 pagi. Usahakan datang sudah dalam kondisi sarapan dan untuk sedikit berhemat tidak ada salahnya untuk membawa bekal makan siang.
  2. Saat masuk gerbang langsung ambil peta lokasi zona-zona di USS. Hal ini penting untuk memandu lokasi mana yang ingin kita kunjungi terlebih dahulu.
  3. Langsunglah menuju wahana yang paling banyak peminatnya seperti Transformer Ride dan Return of Mummy, biasanya semakin siang antrian akan semakin panjang. Antrian di beberapa wahana bisa mencapai satu jam lebih, oleh karena itu pastikan perut sudah terisi saat akan mengantri permainan.
  4. Membawa tumbler atau tempat minum akan sangat membantu saat berkeliling USS sebab disana terdapat beberapa water tap yang tersebar di beberapa lokasi yang strategis.
  5. Seringlah lihat beberapa pengumuman pertunjukkan yang sedang berlangsung, ini akan berguna untuk mengetahui kapan figur-figur USS (seperti Kungfu Panda, Sesame Street, Mummy, dll) muncul. Jika melewati pertunjukkan segerakan mengantri ikut foto sebab biasanya mereka hanya muncul sehari sekali.
  6. Memakai alas kaki yang  nyaman baik itu sepatu atau sandal. Jika menggunakan sepatu maka harus sedikit repot saat naik wahana Lost World (permainan yang mirip arung jeram di Dufan) karena akan sedikit basah-basahan. Saat mengantri permaian ini ada vending machine  yang menjual ponco. Cobalah menengok ke pintu keluar Lost World untuk mengambil ponco bekas yang banyak diletakkan orang-orang disana.
  7. Jika berkesempatan berkunjung ke USS pada saat akhir pekan, kita bisa menyaksikan pertunjukkan parade penghuni USS setiap pukul 17.30 dan kembang api pada saat USS akan ditutup.
  8. Bagi yang tidak suka mengantri, bisa membeli tiket USS express yang harganya tentu lebih mahal. Dengan tiket ini kita berkesempatan untuk mencoba semua wahana tanpa perlu mengantri sebab ada antrian khusus. Satu orang hanya boleh mencoba satu kali setiap wahana, jika ingin mencoba kembali kita harus mengantri seperti biasa.
  9. Di beberapa wahana ada antrian khusus untuk ”single rider”. Antrian ini akan berguna untuk mereka yang pergi sendiri atau  berdua karena biasanya petugas akan “menyisipkan” kita jika ada bangku yang masih kosong.
Lake Spectacular di USS (source: http://www.rwsentosa.com)

Lake Spectacular di USS (source: http://www.rwsentosa.com)

Saya menghabiskan waktu hampir 9 jam di dalam USS hingga tutup pukul 7 malam. Sebelum pulang Saya menyempatkan untuk beli popcorn yang super lezat di Gareth Popcorn yang juga cocok dijadikan oleh-oleh. Pada saat akan kembali ke Vivo naik monorel ternyata antrian sangat panjang karena orang-orang pulang dalam waktu yang bersamaan, jadilah mengantri hampir 30 menit dibawa halte waterfront. Overall, kegiatan seharian di USS ini sangat menyenangkan dengan harga tiket yang menurut Saya memang sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Kami langsung menuju MRT Harbour Front menuju Hotel turun di Little India bersiap-siap untuk pulang keesokan harinya.

Budget hari ke-3

Budget hari ke-3

Categories: Jalan-Jalan, Singapura | Tags: , , , , , , , , , , , , , , | 26 Comments

Post navigation

26 thoughts on “Jalan-Jalan ke Singapura Hari ke-3: Universal Studio Singapore

  1. minta contack person penjual tiket USS bisa? karna saya berniat untuk berkunjung ke sana. terima kasih

  2. Wangga Kharisnu

    broo, saya ada rencana ke USS november. enaknya kapan ya beli tiket? dan dimana?

  3. cannigia

    mau tanya ini mas , kalo kita udah beli tiket di USS ntar di dalam kalo mau ikut main apakah harus bayar lagi ?

    • Hai Cannigia,
      Tidak perlu bayar lagi ya. Tiket seharga $ 74 itu sudah termasuk segala wahana yang ada di dalam USS.

  4. Sharing yang bagus dan berguna

  5. Agan tiology deskripsinya lengkap banget…
    Thank you Gan…

    Untuk Tiket Universal Studio murahnya :
    Tiket dewasa 510ribu/tiket ;
    Anak-anak 450ribu/tiket….
    Untuk cara belinya dan rekomendasi tempat makannya…bisa dilihat di thread kaskus ane Gan disini : http://goo.gl/00exG4
    Pin : 766AFBCA
    Whatsapp & LINE : +6287792187798

  6. Nickyta

    Mau tanya nih mas, ponco itu smcm jas hujan kan ya?
    Klo gk slh di jurassic park itu ponconya bisa dibeli kn ya? nah, klo cuma bwa jas hujan dri indo boleh ga sih?
    apa ga, ngambil di yg bekas di luar jurpark aja? Klo udh ngmbil boleh dibawa pulang ga ya?😀 hihii
    Kan lumayan ada tulisan universal studio singaporenya:) hihii?

    • Halo Nickyta,
      Iya ponco itu jas hujan plastik yang kaya dijual di indomart harga 5.000an tapi sebenarnya banyak yang bekas di pintu keluar wahana jurassic park. Bawa jas sendiri dari luar juga boleh kok :))

  7. himawan

    Mas tiology mau tanya
    kalau naik sentosa express berhenti di stasiun mana ya agar lgsung menuju USS dgn jarak paling dekat? waterfront, imbiah atau beach ?
    thanks mas

  8. Karolina

    Mas, mau tanya dong, beli tiket USS di tempat yang ko Budi itu apa bisa dipercaya? dia travel agent atau apa? Kalau boleh tau, mas Tio kenalnya dimana?

  9. Razak

    Mas itu hostelnya dmna ya yg 186 ribu. Mohon info ya… tq.

  10. Diastuning

    Mas mohon info hostel footprints itu 1 kamar diisi 6 org 186 ribu per orang atau perkamar? tq

  11. Mas, Mau nanya dong.. Ayam penyet Uncle Wahyu itu persisnya little india dimananya? Ada clue gak? Penginapanku minggu depan di Hotel 81 Dickson Little India, dan mau ikut saran kamu jg bawa bekal dari luar biar hemat, hehehe..

    • Halo, Mbak Inna.
      Deket mbak, tinggal masuk lurus lagi. Atau cari aja footprints hostel, uncle wahyu persis dibelakangnya.

  12. Carcar

    Hai tiology,
    Apa tiket USSny tidak termasuk S$5 kupon makan dan S$5 kupon belanja?

    • Halo Carcar, kalaiu untuk kupon makan dan belanja saya kurang tahu. Mungkin tergantung promonya ya.

  13. Rasya

    Dr sentosa broadwalk ke universal studios singapore apakah ada petunjuk jalannya gitu biar gak tersesat dan brp lama ya?

    • Halo Rasya,
      Jalannya cuma satu itu aja kok ngga akan nyasar. Sambil jalan bisa naik travelator juga. Ada petunjuk setiap 100 meter. Kalo jalannya nyante dan disambil foto-foto sih bisa sampai 20 menit ya. Tapi kalau jalan cepet 10 menit juga sampai.

  14. Emaaakk

    Mas mau tanya, kalau kita bawa makanan dr luar, biasanya makannya dimana? Terus pas masuk semua tas diperiksa ngga kita bawa makanan apa saja? Soalnya mau bawa anak, mesti syandby camilan. Terimakasih ya.

    • Di dalam USS banyak tempat istirahat kok jadi kalau bawa makanan dari luar bisa dimakan dimana saja. Seingat tas diperiksa tapi ngga detil banget sampai ada makanan yang disita. Asal bawa makanan dalam jumlah wajar saya rasa ngga ada masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: