Jalan-Jalan ke Bangkok Hari ke-4 : Madame Tussaud, Pratunam, Siam Area

Melanjutkan catatan perjalan Saya ke Bangkok di hari keempat saatnya mengunjungi komersial area alias tempat perbelanjaan. Berbicara mengenai komersial area di Bangkok, tentu yang paling terkenal adalah area Siam yang banyak diisi oleh mall-mall besar.

Tujuan pertama hari ini adalah Madame Tussaud Museum yang berada di lantai 6 Siam Discovery Mall. Dari depan hotel Saya mengambil bus AC yang langsung menuju Siam. Saya harus berangkat pagi-pagi ke Tussaud karena tiket yang Saya beli adalah tiket “Early Bird”. Pengunjung yang membeli tiket ini mendapat diskon 40% hanya saja pengunjung harus datang sebelum jam 12 siang. Pembelian tiket Early Bird dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dan tiket yang kita beli akan berlaku selama satu bulan setelah tanggal pembayaran. Pengalaman Saya ketika kesana, di loket masuk petugas meminta kartu kredit untuk dikonfirmasi ulang. Jika ingin menggunakan kartu kredit orang lain untuk membeli tiket, usahakan untuk memberikan catatan di email agar petugas tidak perlu menanyakan kartu kredit  lagi.(foto Siam area)

Siam Area (source: Google Maps)

Sedikit cerita menarik saat mengunjungi Bangkok hari itu. Karena memiliki wajah yang hampir mirip dengan orang Thailand, selama 3 hari sebelumnya Saya selalu diajak berkomunikasi dengan bahasa Thai. Menyiasati kejadian serupa, hari itu Saya mengenakan batik pekalongan agar lebih dikenali sebagai orang Indonesia.  Buktinya, baru masuk ke lobi mal saja sudah ada turis Indonesia yang menyapa “Selamat Pagi!”. Dalam hati saya sempat berkata kemana saja turis-turis Indonesia ini baru menyapa saat berkunjung ke tempat belanja? Apakah orang Indonesia yang ke Bangkok memang tidak ada yang ke kuil-kuil alias hanya bepergian untuk berbelanja? Hehe.

Museum Madame Tussaud bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin bertemu dengan patung lilin figur terkenal tetapi dengan biaya yang lebih murah dibandingkan harus terbang ke Hongkong. Sebagai penduduk Asia Tenggara kita harus bersyukur di Bangkok sudah ada ‘cabang’ museum yang tidak kalah menarik tentunya dengan museum lainnya. Informasi lengkap tentang Madame Tussaud bisa diklik disini.

Madame Tussaud Bangkok

Madame Tussaud Bangkok terdiri dari beberapa sektor diantaranya figur tokoh sejarah, pemimpin dunia, artis, atlet, aktor-aktris, musisi, dan tokoh-tokoh TV. Yang paling berkesan untuk orang Indonesia tentunya adalah Bapak Proklamator Indonesia, Bung Karno. Patungnya yang gagah tidak kalah bersanding dengan puluhan patung lainnya. Patung Bung Karno pulalah yang membuat Saya mengenakan batik hari itu sebab Saya ingin sekali foto bersama beliau dengan baju batik. Yang menarik lainnya adalah patung Barrack dan Michele Obama yang settingnya dibikin persis ruang kerja White House. And the las but not the least is the figure of Doraemon whom I adore so much!

Membutuhkan waktu antara dua sampai tiga jam untuk mengunjungi tempat ini. tidak perlu terburu-buru untuk mengamati seluruh isi museum karena tidak ada batasan waktu berapa lama pengunjung boleh berada di dalam. Dan tidak perlu takut jika berpergian sendirian ke Madame Tussaud karena banyak petugas yang siap sedia untuk mengabadikan momen-momen seru kita di sana.

This slideshow requires JavaScript.

Keluar dari Madame Tussaud Saya menuju ke Mah Boon Krong atau lebih dikenal dengan MBK Mall. Letaknya persis diseberang perempatan di depan Siam Discovery. MBK ini adalah mall (atau lebih tepatnya plaza) berlantai delapan dengan lebih dari 2000 toko yang ada di dalamnya. Tujuan utama Saya kemari adalah untuk makan siang sebab perut telah lapar sejak ditengah-tengah perjalanan di dalam museum. Layaknya pusat perbelanjaan lainnya, MBK juga dilengkapi dengan pujasera yang menjual berbagai macam makan yang terletak di lantai 5.

Mall MBK

Sepertinya pengelola mall sudah paham jika yang datang kesana tidak hanya warga lokal saja namun juga para turis. Oleh karena itu tidak perlu khawatir bagi muslim untuk makan di sini. Beberapa stand penjual makanan telah memasang gambar bulan-bintang di papan namanya untuk menunjukkan bahwa makanan di tempat tersebut halal. Seingat Saya ada tiga hingga empat stand penjual makanan halal di sana (mungkin juga sudah bertambah sekarang).

Saya memesan dua porsi makanan sekaligus. Yang pertama adalah nasi kari ayam dan sup ayam. Dua-duanya termasuk sepotong ayam besar setiap porsinya. Jadi, siang itu Saya menghabiskan dua potong ayam yang lezat. Sekalian saja makan banyak karena sudah sangat lapar merapel makan siang dan makan malam. Harga makanan yang dijual di pujasera masih cukup terjangkau dan porsi yang disajikan pun sesuai dengan gambar yang tertera di menu.

Makan siang di pujasera MBK

Sebelum Saya berangkat ke Bangkok, adik Saya sempat minta dibelikan oleh-oleh kaos Jersey yang banyak dijual dengan harga murah. Berbekal informasi dari para bloggers dan tanya-tanya petugas MBK, tempat penjual jersey-jersey itu tidak jauh dari MBK. Lokasinya terletak di daerah bernama Supachalasai.  Dari MBK kita cukup keluar dari pintu yang persis di depan perempatan Siam, kemudian berjalan ke kiri kearah National Stadium. Supachalasai terletak di jalan belakang National Stadium, tempatnya paling ujung. Kira-kira butuh waktu 10 menit untuk sampai ke sana dari MBK.

Wah, ternyata tempat ini memang pusat penjualan keperluan olahraga termasuk jersey tim bola di seluruh dunia. Harganya bervariasi mulai dari THB 100 – 400 tergantung kualitas dan modelnya. Saya membeli dua kaos yang masing-masing harganya THB  100 dan 200. Itu pun sudah cukup bagus sebagai oleh-oleh, kalau di Indonesia harganya bisa lebih dari Rp 100.000.

Salah satu kios di Supachalasai - Jersey THB 100

Salah satu kios di Supachalasai – Jersey THB 100

Hari ini benar-benar harinya berbelanja! Dari Supachalasai Saya menuju Pratunam Market. Pratunam market ini menjual oleh-oleh khas Bangkok dengan harga yang lebih murah dari MBK. Di Pratunam saya mendapatkan tas Bangkok yang harganya hanya THB 70 saja. Dari hasil keliling-keliling selama di Bangkok, tas di Pratunam ini yang paling murah harganya. Penjual memberikan bonus permen asam karena Saya berbelanja lebih dari THB 1000. Sebanyak itu? Iya, Saya lupa waktu itu beli apa saja. Hahaha.

Tepat diseberang Pratunam ada Platinum Mall yang isinya kurang lebih hampir sama dengan ITC. Lowest to highest, left to right, semuanya adalah produk garmen yang dijual. Semuanya pakaian wanita, untuk pria hanya ada satu sektor di lantai 4 itu pun hanya sayap kanan saja. Benar-benar kota ini tahu apa yang disukai oleh para turis (Indonesia) rupanya. Baju-baju yang dijual juga memiliki aneka bentuk, warna dan harga. Semuanya ada di sini.

Pratunam Market

Masih belum puas dengan mall-mall di Bangkok, sekitar jam 7 malam Saya kembali ke daerah Siam lagi tepatnya ke Siam Paragon yang merupakan mall termewah di kawasan ini.  Tujuan kami tentu saja (bukan) untuk berbelanja. Tujuan satu-satunya ke sini adalah menonton film Hunger Games : Catching Fire yang saat itu sedang tayang di bisokop.

Ada kejadian unik saat baru pertama kali menonton di Bioskop Bangkok. Saya sudah sangat capek ketika masuk ke studio dan duduk di kursi yang tertera di karcis. Ketika sudah siap menikmati kerennya Katniss Everdeen tiba-tiba seluruh penonton berdiri sebelum film dimainkan karena ada pemutaran lagu untuk raja.  Saya baru tahu kalau lagu untuk raja ini tidak hanya diputar jam 8 pagi saja tetapi juga sebelum film dimainkan di bioskop. Sekali lagi salut untuk orang Thailand yang begitu mencintai rajanya.

Film selesai hampir jam 12 malam, satu-satunya transportasi yang aman dan cepat adalah naik BTS dan ARL ke hotel. Saatnya beristirahat dan menyiapkan hari terakhir di Bangkok.

Pengeluaran hari 4

Categories: Jalan-Jalan, Thailand | Tags: , , , , , , , , , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Jalan-Jalan ke Bangkok Hari ke-4 : Madame Tussaud, Pratunam, Siam Area

1. Rental / Sewa mobil toyota commuter (van) + driver (bahasa inggris dan Indonesia) di kota Bangkok atau Pattaya atau Jemput bandara
    Untuk infomasi lebih lanjut
    Hubungi langsung
    Telp +66819250901 (whatsapp juga bisa)
    Pin bb 7432ef44

2. catur

mau tanya dong kak, kalo kita pakai kredit card orang lain berarti tinggal note di email pas waktu kita pesen online itu saja pasti aman yak disana nya nnti .?