Tips: Naik Bus Melintasi Malaysia-Singapura (bagian 1)

Singapore-Johor Causeway (courtesy: streetdirectory)

Lima hari untuk tiga kota di dua negara, mengapa tidak? Melelahkan memang tapi sebanding dengan pengalaman yang penuh kejutan. Setidaknya itu yang Saya rasakan ketika beberapa waktu lalu mengunjungi Singapura, Melaka, dan Kuala Lumpur selama enam hari lima malam.

Beberapa alasan mengapa harus berpindah-pindah kota dalam waktu yang singkat; pertama menghemat biaya travelling karena pengeluaran satu hari di Singapura sama dengan dua hari di Malaysia. Kedua, mencari pengalaman mengunjungi destinasi baru selain Singapura.

Singapura-Kuala Lumpur

Perjalanan kali ini adalah ketiga kalinya bagi Saya. Pilihan paling murah menuju KL adalah naik bus melalui Johor Bahru (JB). Perjalanan dari Singapura menuju Singapura dapat menggunakan bus Causeway (CW) Link 2 dari terminal Queen Street dengan ongkos SGD 3,3 sekali jalan. Selain itu dapat menggunakan bus SBS 170 dari terminal Queen Street atau menunggu di halte Fu Lu Shou Complex Bugis. Kelebihan naik naik CW adalah bus yang tidak berhenti di setiap halte seperti SBS, jadi perjalanan akan lebih cepat. Pilihan lain menuju Larkin adalah naik MRT jalur merah dan turun di Kranji. Kemdudian, dari Kranji disambung dengan bus SBS 170 atau 160 atau segala nomor bus yang menuju ke terminal Larkin JB.

Penumpang harus turun-naik bus sebanyak dua kali selama perjalanan menuju terminal Larkin. Pertama, penumpang harus turun di Woodland Check Point (imigrasi Singapura) sebelum keluar dari Singapura. Kedua, Penumpang akan turun lagi ketika tiba di bangunan imigrasi JB untuk mendapatkan stempel dan ijin tinggal di Malaysia. Di kedua kantor imigrasi tersebut, segera setelah kewajiban melapor selesai ikutilah penunjuk arah menuju ke lajur (peron) A tempat bus yang menuju Larkin.

Tips: Tidak perlu menunggu naik bus yang sama setelah melakukan kewajiban imigrasi. Penumpang dapat naik bus CW yang berbeda platnya (tergantung bus yang siap berangkat) asal kita masih memiliki tiket yang dibeli di Queen Street. Jika naik bus, maka cukup sentuhkan kartu EZLink di mesin tap saat turun dan naik lagi.

Perjalanan dari Bugis, Singapura, menuju Terminal Larkin JB kurang lebih membutuhkan waktu 2,5 jam termasuk antrian di imigrasi. Setibanya di Terminal Larkin dapat terlihat loket-loket pembelian bus menuju berbagai macam daerah di Malaysia. Tidak perlu takut dengan calo-calo tiket yang ‘menyergap’ penumpang sesaat setelah turun dari bus sebab calo di sana tidak akan mengejar penumpang seperti di Indonesia.

Bus menuju KL beragam jam keberangkatan dan tujuannya tergantung jam keberangkatan kita. Bus menuju KL keberangkatan KL pada pagi-siang hari lebih banyak menuju terminal KL Sentral atau Pudu Raya, kedua terminal ini terletak di pusat kota KL. Sedangkan bus yang berangkat sore hingga tengah malam terbatas hanya akan menuju Termina Bandar Tasik Selatan / Terminal Bersepadu Selatan (TBS) yang terletak kurang lebih 13 km arah selatan pusat kota KL.

Tips: PO bus yang menyediakan armada super eksekutif seperti KKKL dan Konsortium bisa menjadi pilihan tepat jika berpergian di malam hari. Susunan kursinya 2-1 membuat kursi penumpang nyaman dan sangat cocok menggantikan kasur hostel. Ongkosnya sekitar MYR 35 sekali jalan, lebih mahal daripada PO lain yang ongkosnya hanya MYR 20-25 saja.

Categories: Jalan-Jalan, Malaysia, Singapura | Tags: , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: