Naik Bus Go KL Gratis, Jalan-Jalan Hemat di Kuala Lumpur

Skyline Kota Kuala Lumpur (courtesy wikipedia)

Traveling dengan anggaran terbatas? Mengunjungi  Kuala Lumpur (KL) bisa jadi solusinya. Meskipun beberapa tahun belakangan KL lebih dikenal sebagai kota tujuan transit, tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu sehari atau dua hari berkeliling kota dengan gratis!

Fasilitas keliling gratis ini disediakan oleh Bus GO KL yang diperkenalkan oleh pemerintah Malaysia sejak tahun 2012. Di awal peluncurannya, GO KL hanya melayani dua rute saja. Namun, pada kunjungan saya ke Kuala Lumpur beberapa waktu lalu GO KL telah menyediakan dua rute tambahan.

Bus GO KL


GO KL dikelola oleh Suruhanjaya Pengangkutan Awam Darat (SPAD) atau dalam Bahasa Inggris disebut sebagai Land Public Transport Commission. Terdapat empat laluan yang dilewati oleh bus ini, dimana masing-masing laluan ditandai dengan warna tertentu untuk memudahkan penumpang bus. Tapi harus diingat bahwa warna laluan hanyalah tanda bantu di peta bus, sedangkan warna bus yang beroperasi semuanya sama. Penumpang dapat mengetahui jalur bus degan memperhatikan layar yang dipasang di atas kaca bus.

Seperti tagline yang diusung “saves money, convenient, & eco-friendly”, bus ini memang disediakan secara percuma. Tidak hanya untuk warga Malayasia saja, fasilitas ini juga bisa dinikmati oleh wisatawan asing yang ingin menghemat ongkos traveling. Selain gratis, bus juga menyediakan satu hal yang tidak bisa ditinggalkan di era digital, wifi gratis (dan tanpa password).

Mencari halte GO KL pun sangatlah mudah. GO KL melayani rute dan tujuan-tujuan di area pusat kota (downtown), pusat bisnis (CBD), dan landmark menarik di dalam kota. GO KL beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 11 malam pada jam kerja, sedangkan pada akhir pekan bus baru beroperasi mulai pukul 7 pagi. Jeda waktu menunggu sekitar 5-10 menit pada jam sibuk dan 10-15 menit sekali pada jam biasa.

Jalur Merah disebut sebagai GO Relax karena melewati beberapa pemberhentian hotel atau penginapan terkenal di KL. Titik keberangkatan pertama ada di halte KL Sentral. Setibanya di KL Sentral bisa memilih pintu keluar utama kemudian tengok kiri dan langsung terlihat halte bus GO KL.

Jalur Biru disebut sebagai Go Work karena melewati daerah perkantoran utama di KL seperti Bangkok Bank. Titik keberangkatan awal dimulai dari halte Medan Mara.

Jalur Hijau disebut sebagai Go Shopping karena melewati area ellit Bukit Bintang dan beberapa pusat perbelanjaan modern di KL.

Jalur Ungu disebut sebagai Go Sightsee yang cocok bagi para wisatawan untuk melihat keunikan dan landmar kota seperti Dataran Merdeka, KL Tower, dan pasar seni.

Peta Laluan Bus GO KL

Bus GO KL beroperasi secara loop atau memutar, sehingga tidak ada pemberhentian terakhir. Jika waktu terbatas cukup naik bus jalur ungu tanpa turun hingga kembali ke halte pertama maka rasanya sudah seperti berkeliling KL selama sehari penuh.

Menarik bukan bus GO KL? Tidak hanya gratis, bus ini juga tahu apa yang diinginkan oleh wisatawan dan penduduk setempat. Kini, berkeliling KL pun nyaris tanpa biaya seringgit pun. Happy Traveling!

Categories: Jalan-Jalan, Malaysia | Tags: , , , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Naik Bus Go KL Gratis, Jalan-Jalan Hemat di Kuala Lumpur

  1. Syofyan

    Good service

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: