Chicken Rice Ball Melaka yang Tersohor

Chicken Rice Ball Malacca

Chicken Rice Ball Malacca

Kira-kira dua tahun yang lalu, keinginan mengunjungi Melaka muncul karena tayangan Masterchef Indonesia musim ke-2. Saya ingat betul waktu itu para peserta ditantang memasak Chicken Rice Ball yang sangat tersohor di Melaka. Bulan Agustus lalu, Saya berkesempatan mengunjungi kota tua yang eksotis ini.

Salah satu tujuan utama Saya mengunjungi  Melaka adalah menikmati chicken rice ball. Makanan yang satu ini memang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke sana. Chicken Rice Ball sebenarnya sama saja dengan nasi ayam hainan yang banyak dijumpai di Singapura maupun Thailand. Hanya saja, nasinya dibentuk bulat menyerupai  bola dan sajian daging ayamnya yang lembut siap memanjakan lidah.

Hidangan otentik ini terbuat dari nasi yang ditanak dengan kuah kaldu, sehingga nasi bolanya terasa sangat gurih. Nasinya pun dimasak lembek agar mudah dibentuk bola. Sedangkan ayamnya dikukus hingga matang sempurna dan dagingnya sangat mudah terlepas dari tulangnya.

Meskipun rasanya tidak sekaya masakan Indonesia, perpaduan bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk merebus dan mengukus ayam sangatlah pas. Dagingnya sangat juicy dan empuk, and realy is typical mouth-watering dish. Makanan ini semakin nikmat rasanya karena disajikan dengan sambal dan jeruk nipis.

Ada dua warung yang terkenal dengan kelezatan hidangan ini yaitu Kedai Kopi Chung Wah dan Kedai Famosa tidak jauh dari Dutch Square (Dataran Merah). Kedai Kopi Chung wah terletak tepat dibelakang Hard Rock Cafe di Lorong Hang Jebat. Tidak jauh dari situ masih di lorong yang sama kita dapat menjumpai Kedai Famosa. Dari Dataran Merah (Dutch Square) carilah jembatan yang menuju ke Hard Rock Cafe, kedua kedai ini terletak tak jauh dari situ.

Di Kedai Kopi Chung Wah, satu porsi Chicken rice ball berisi 5 bola nasi dijual seharga MYR 2 (Rp 7.000), setengah ekor ayam seharga MYR 32, dan MYR 1,5 untuk minuman jeruk. Setengah porsi ayam cukup untuk dikonsumi oleh 2-3 orang. Tentu ini bukan harga yang terlalu mahal untuk hidangan khas yang sangat nikmat.

Jika Anda datang ke sana ketika jam makan siang, maka siap-siap untuk mengantri. Antrian bisa jadi sangat panjang terlebih saat akhir pekan. Jadi, pastikan perut benar-benar kosong sebelum menyantap si nasi bola. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Categories: Jalan-Jalan, Malaysia | Tags: , , , , , , , , , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Chicken Rice Ball Melaka yang Tersohor

  1. Akan surely cuba….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: