Naik Apa dari Kansai Airport ke Kyoto dan Osaka?

Jalan-jalan ke Jepang tidak selalu harus via Tokyo terlebih dahulu. Beberapa tahun belakangan semakin banyak penerbangan murah yang menawarkan rute Indonesia-Jepang via Kansai Airport, bandara yang terletak 50 km di Selatan Osaka. Dibangun di atas pulau buatan, Kansai menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia karena melayani banyak penerbangan tujuan hampir di seluruh negara di dunia. Memilih Kansai sebagai tujuan penerbangan sangat cocok apabila rencana perjalanan dimulai dari Osaka, Kyoto, Kobe, Nara, dan beberapa daerah lain yang berada di Jepang bagian selatan. Sedangkan bandara Narita dan Haneda di Tokyo lebih banyak melayani penerbangan lanjutan menuju ke prefektur bagian utara.

Meskipun tergolong bandara yang baru, pilihan transportasi dari Kansai menuju beberapa kota di sekitarnya sangatlah mudah dan beragam. Pengalaman Saya naik Garuda dari Jogjakarta menuju Kansai via Denpasar, pesawat tiba di Kansai pagi hari sekitar pukul 9 pagi. Setibanya di sana, Saya bisa memilih banyak alternatif untuk langsung menuju Kyoto. Berikut ini adalah beberapa pilihan moda transportasi yang bisa dipilih bagi pejalan yang turun di Kansai dan ingin menuju Kyoto atau Osaka, disesuaikan dengan jam tiba serta kantong pejalan tentunya.

  1. Kereta
jr_west_281_haruka

JR Haruka Limited Express

Untuk menuju Kyoto, rute termudah yang dapat diambil adalah menggunakan kereta JR Haruka Limited Express. Waktu tempuh yang diperlukan dari Kansai (関西国際空港) ke Stasiun Kyoto (京都駅) yang berjarak sekitar 70 km adalah 75 menit. Sesuai dengan namanya JR Haruka Limited Express hanya berhenti di beberapa stasiun besar saja. Sekali jalan, penumpang akan dikenakan biaya sebesar 2.980 yen untuk tiket tanpa tempat duduk (non-reserved seat) dan 3.480 yen untuk tiket dengan tempat duduk (reserved seat). Tiket tanpa tanpa tempat duduk bukan berarti penumpang tidak bisa duduk selama perjalanan, melainkan tiket tersebut tidak menjamin apakah penumpang mendapatkan kursi. Jika dalam gerbong ada kursi yang kosong maka kursi tersebut boleh diduduki. Sedangkan kursi dengan tempat duduk artinya di tiket sudah tertera nomor kursi yang dapat kita tempati. Tips jika memilih non-reserved seat, bersiaplah di platform sebelum kereta datang dan jadilah penumpang pertama yang masuk gerbong.  Jika tidak mendapatkan kursi dan sedang tidak terburu-buru, sebaiknya menunggu keberangatan kereta berikutnya karena kereta ini berangkat setiap 30 menit sekali.

300px-hk-9300series-9300f

Kereta Hankyu Kyoto-Umeda

Untuk pejalan yang suka tantangan dan ingin menghemat anggaran, memilih rute kereta berpindah-pindah bisa menjadi alternatif hanya dengan setengah harga dibandingkan kereta JR Haruka. Secara sederhana rute yang dapat diambil yaitu Kansai – Osaka – Umeda – Kyoto. Dari Kansai dapat mengambil kereta JR Kansai Airport Rapid Service for KYOBASHI dengan tarif 1.190 yen turun stasiun Osaka (大阪駅). Dari stasiun Osaka dilanjutkan berjalan kaki menuju stasiun Umeda Hankyu sekitar 6-10 menit. Di Umeda Hankyu langsung ambil kereta Hankyu Umeda-Kyoto dengan tarif 400 yen dengan frekuensi keberangkatan 10 menit sekali. Kereta Hankyu tidak membawa penumpang menuju stasiun Kyoto melainkan menuju stasiun akhir Kawaramachi Sanjo (河原町三条) yang merupakan pusat kota Kyoto. Jadi, jika penginapan yang dipesan terletak di daerah Sanjo, Shijo, atau Higashiyama akan lebih dekat memilih kereta Hankyu.  Total biaya yang dikeluarkan dari Kansai menuju Kyoto (Kawaramachi Sanjo) adalah sebesar 1.490 yen saja.

  1. Limousine Bus
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Limousine Bus

Selain kereta, pilihan transportasi dari Kansai menuju Kyoto dan Osaka adalah menggunakan Limousine Bus yang dioperasikan oleh KATE (Kansai Airport Transportation Enterprise). Tarif yang dikenakan untuk sekali jalan sebesar 2.550 yen atau 4.300 yen pulang pergi. Tiket pulang pergi berlaku selama 14 hari sejak penggunaan pertama. Jika perjalanan pulang pergi berangkat dari dan ke Kansai maka membeli tiket roundtrip merupakan pilihan yang tepat. Perlu dicatat bahwa limousine bus ini akan membawa penumpang dari Kansai menuju Stasiun Kyoto Hachijo Exit. Perjalanan memakan waktu tempuh kurang lebih 85 menit, lebih lama 10 menit dibandingkan kereta. Kelebihan naik limousine bus selain harganya yang lebih murah dibandingkan kereta Haruka Express, pejalan tidak perlu menentang barang bawaan terlalu jauh menuju stasiun di seberang Kansai. Bus tersebut sudah siap tepat di pintu kedatang dengan frekuensi keberangkatan 10-15 menit sekali.

  1. MK Taxi

taxi1Pihak Universitas Kyoto yang mengundang Saya menyarankan untuk memesan MK Taxi menuju Kyoto. MK Taxi ini jika di Indonesia sama seperti airport shuttle atau travel khusus bandara yang menjemput dan atau mengantarakan penumpang dari depan rumah, hotel, atau apartemen sesuai dengan lokasi penjemputan yang diminta. Sekali jalan, penumpang dikenakan biaya sebesar 3.400 yen yang sudah termasuk biaya bagasi berupa 1 koper dan 1 tas tangan. Penumpang akan dikenakan biaya tambahan sebesar 1000 yen perkoper tambahan yang dibawa. Meskipun terbilang cukup mahal, memilih MK Taxi sangat membantu pejalan yang masih buta arah dengan transportasi Jepang dan ingin lebih santai sampai tujuan. Tipsnya, bawa bagasi secukupnya (1 koper dan 1 tas tangan atau daypack) agar tidak dikenakan biaya tambahan. Waktu tempuh Kansai-Kyoto dan sebaliknya menggunakan MK Taxi kurang lebih 2-2,5 jam tergantung lokasi penjemputan dan pengantaran. Selama perjalanan tersebut, pengemudi taksi akan berhenti di tengah perjalanan (Minami Namba) untuk beristirahat 10 menit. Pengemudinya ramah dan sangat baik, walaupun kadang Saya juga tidak paham bahasa Jepang yang disampaikan. Tips jika berpergian berlima, sebaiknya pesan saja MK Taxi online karena MK Taxi memberikan diskon 200 yen perorang untuk penjemputan atau pengantaran lima orang di lokasi yang sama.

Sebenarnya, masih banyak alternatif lain yang dapat dipilih untuk menuju Kyoto, Osaka, Kobe, Nara, dan beberapa kota lain di sekitaran area Kansai. Namun, tiga pilihan transpotasi di atas adalah yang paling mudah, murah, dan sering dipilih oleh para penumpang yang turun di bandara Kansai. Selain menuju Kyoto, perjalanan menggunakan kereta ke Osaka dapat dilanjutkan dengan kereta lain menuju Nara dan Kobe dengan harga yang murah. Tidak sulit bukan memilih transpotasi yang pas dari Kansai ke destinasi yang diinginkan? (okehore)

Advertisements
Categories: Jalan-Jalan, Jepang | Tags: , , , , , , , , , , , , , , | 16 Comments

Post navigation

16 thoughts on “Naik Apa dari Kansai Airport ke Kyoto dan Osaka?

  1. yups. ulasan yg lengkap. kalau bawaan banyak, paling nyaman pakai travel. kalau berpetualang, kereta dan bus jadi pilihan. kemarin sempet mau bolang via kereta, tidak disarankan temen. hp belum connect, apalagi bahasa jepangnya masih amburadul 🙂

  2. tiwo siregar

    terima kasih infonya, mas.

  3. yeni

    Bro, harga taxi itu kayak diindo 1x jalan dg 4 penumpang atau dihitung per penumpang?
    thx
    yeni

  4. Rin

    mau nanya dong. kalau bus dan kereta itu setiap saat beroperasi atau ada waktu operasiny dari jam brp sampai jam brp? kalau naik bus yang pulang pergi, dari kyoto naik bus untuk ke osakanya dari mana y? tq

  5. Rahma Nur Komariah

    halo mas tio.
    maaf mas, saya ingin bertanya terkait MK Taxi,
    dimanakah saya bisa memesan MK Taxi, apakah dipintu keluar kedatangan bandara kansai? bagaimana tentan pembayarannya? apakah menggunakan tiket yang dibeli di vending machine?
    terimakasih

  6. maria

    dear Mas Tio,
    kenalkan saya Maria. trima kasih blognya ok. mau tanya, saya rencana mau naik Shinkansen dari bandara Kansai ( KIX ) ke Kyoto. apakah bisa langsung, atau saya harus ke Shin Osaka dulu?
    terima kasih

    • Halo, Mbak Maria.
      Setau saya tidak ada shinkansen dari KIX ke Kyoto, sehingga harus ke stasiun Shin Osaka dulu. Tapi sebaiknya langsung naik JR Haruka atau bus saja ke Kyoto.Baru nanti dari Kyoto ke Osaka naik Shinkansen.
      Happy traveling!

  7. tubagus

    Halo Pak Tio.

    Dari KIX ke Osaka Namba; ada Shinkansen?

  8. meli

    Hi Mas Tio, makasih untuk informasi dari blog nya.. saya masih agak bingung mengenai penggunaan JR pass, maaf ya kalau pertanyaan nya terkesan mengulang 😦 jadi kalau sudah punya JR pass saya bisa pakai untuk naik JR Haruka limited express dan JR Kansai Airport Rapid Service for KYOBASHI ini kah mas? terima kasih untuk pencerahannya 🙂

    • halo Mbak Meli,
      betul seperti itu, mbak. Pokoknya semua kereta yang dioperasikan oleh JR dan beberapa shinkansen bisa menggunakan JR pass itu. Tapi mungkin selengkapnya bisa ditanyakan sama pihak travel. Karena status saya sekarang residen di Jepang, saya ngga punya hak untuk beli dan pakai JR pass jadi ngga mengalami betul.
      Happy traveling!

  9. Vennel

    Hallo Pak Tio, salam kenal

    Mau tanya pak. Plan travel 13hari dari Kansai Airport + 2hari di pesawat.
    4hari pertama menginap Kyoto dulu (slama di Kyoto kami akan jalan ke Kobe dan Nara). 5hari berikutnya menginap Tokyo ( kami akan jalan 2days disneland and disney sea, 1 hari ke Fuji Mt, lanjut keliling kota Tokyo). Lalu 4hari terakhir menginap di Osaka (di osaka akan jalan sekitar osaka, dotonbori).
    Pertanyaan saya;
    1. Apakah JR pass 14hari ini bisa dibeli di indonesia secara hanya 13hari di Jepang?
    2. Apakah JR Pass bisa mencakup smua daerah diatas (Kyoto, Kobe, Nara, Osaka, Tokyo, Fuji Mt , jg wisata disneyland/sea dan Universal Studio)? Atau kami harus beli tiket yg tidak mencakup di JR pass?
    3. Kereta/bis apa yg kami ambil dr Kansai Airport utk ke Kyoto bila menggunakan JR Pass ini?

    Krn kami browsing, banyak sekali JR Pass yang not inc di JR Lane,betul? Takut kami beli JR Pass tapi mubajir pak..

    Mohon bantuannya Pak Tio
    Trima kasih sebelumnya,

    • Halo Vennel (Pak atau Bu ini ya?).
      Pertanyaannya panjang yaa, saya coba jawab satu2.
      1. JR Pass memang hanya bisa dibeli diluar Jepang (di Indonesia), dan tidak masalah apakah berpergian selama 13 hari yang jelas batas maksimal pengguanaannya hanya 14 hari.
      2. JR Pass mencakup hampir semua region di Jepang. Tetapi ada beberapa tempat yang membutuhkan biaya tambahan misal mau ke Kawaguchiko liat Fuji. Di Kawaguchiko sepertinya ada provider selain JR yang melayani area sana.
      3. Kereta dari dan ke bandara dari Kansai bisa menggunakan JR Pass selama naik kereta JR.

      FYI, JR itu salah satu penyedia layanan transportasi dibawah pemerintah Jepang. Ada perusahaan lain seperti Keihan, Hankyu, Meitetsu, dll yang dioperasikan oleh wasta. Nah mungkin yang dimaksud ini ya, untuk JR Pass ngga boleh untuk kereta selain JR.

      Semoga membantu 🙂 dan selamat mepersiapkan diri main ke Jepang!

      • Vennel

        Ibu Vennel Pak Tio hehe..

        Utk no 3, ini tidak direct kan pak utk shinkansen? Jg hrs direct di shin osaka? Tp ini hnya pindah line,mksdnya ga ganti stasiun kan pak?

        Trima kasih sblmnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: