Halal Food in Japan: Pilihan Makanan di Tokyo, Kyoto, dan Osaka

Ramen Naritaya, Tokyo

Ramen Naritaya, Tokyo

Mendapatkan makanan halal saat mengunjungi negara minoritas Muslim tentu merupakan hal yang menyenangkan. Di Jepang, beberapa tahun belakangan sepertinya sudah semakin populer tempat-tempat makan yang halal atau setidaknya moslem friendly. Di beberapa kota yang pernah Saya kunjungi seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka, traveler asal Indonesia tak perlu lagi khawatir menyantap hidangan halal yang sesuai dengan lidah Indonesia. Meskipun tidak mudah ditemuukan dan harga yang sedikit lebih mahal, beberapa resto berikut bisa menjadi pilihan.

1. Ippin (いっぴん) – Asakusa, Tokyo
Ippin adalah sebuah tempat makan ramen yang terletak di jalan utama Asakusa. Tempatnya tergolong kecil karena hanya menyediakan beberapa kursi standing bar yang menghadap langsung ke dapur. Selain ramen halal, tempat ini menyediakan beberapa makanan ringan seperti dimsum dan gyoza atau spring roll yang bisa dijadikan pelengkap ramen. Satu porsi ramen dijual dengan harga mulai dari 800 yen, bisa ditambahkan toping lain sesuai selera. Jam buka yang hampir sepanjang hari mulai pukul 11.30-22.30 membuat Ippin menjadi alternatif makan siang atau malam.

Lokasi: 〒111-0035 3-16-11, Nishiasakusa, Taitou-ku, Tokyo. Beberapa stasiun terdekat untuk mengakses Ippin antara lain; Metro Ginza Line (jalur oranye) exit 3 atau exit 6, Toei Asakusa Line (jalur pink) exit A4. Penunjuk paling mudah untuk menuju Ippin dengan mencari Asakusa View Hotel yang gedung tinggi dan terlihat dari kejauahan. Ippin terletak tidak jauh dari hotel tersebut. http://ippin-halal.jp/en/page.html

2. Narita-ya (成田屋) – Asakusa, Tokyo

Tepanyaki

Tepanyaki

Sama seperti Ippin, Naritaya adalah sebuah resto ramen yang sangat terkenal bagi pelancong muslim yang berkunjung ke Tokyo. Lokasinya tidak jauh dari Senso-ji temple, kurang lebih lima menit berjalan kaki. Tempatnya lebih besar dibanding Ippin sehingga cocok bagi mereka yang berpergian dalam rombongan. Di lantai 1 dengan konsep standing bar yang berada di samping dapur dan beberapa meja di lantai 2. Bangunannya terbuat dari kayu yang menciptakan kesan nyaman dan hangat. Pengunjung dapat memesan set ramen yang terdiri dari semangkuk besar ramen dan ayam karage yang sangat gurih. Atau bisa juga memesan ramen tanpa kuah dengan sampingan spring roll yang renyah. Satu set ramen dijual mulai 1000 yen hingga 1400 yen. Dengan porsi yang besar, Saya rasa harga itu sangat memuaskan untuk ukuran Tokyo. Sambil menunggu ramen dihidangkan,tidak ada salahnya menikmati kue khas Jepang, tepanyaki, yang dijual di depan kedai. Tepanyaki mirip seperti kue pukis dengan isian custard atau kacang merah. Satu kuenya dijual dengan harga 200 yen saja.

Lokasi: 〒111-0032, 2 chome 7-13, Asakusa, Taitou-ku, Tokyo. Cukup berlajalan ke arah barat dari Senso-ji temple hingga menemukan deretan lorong toko dengan gapura khas di ujungnya. Naritaya terletak di sisi paling ujung dekat dengan gapura. https://www.facebook.com/pages/Naritaya-Asakusa/1026879174006734

3. Saray Kebab Turki – Asakusa Station
Saray Kebab merupakan salah satu franchise kebab yang memiliki beberapa cabang di Tokyo. Saray menyediakan berbagai hidangan kebab seperti twister atau kebab yang dibungkus dengan roti khas turki. Satu porsi kebab dijual sangat murah mulai 500 yen saja dengan ukuran yang cukup besar. Selain kebab, ada juga nasi kebab yang terdiri dari beberapa toping dan rasa serta level pedasnya. Perlu diingat bahwa hanya menu ayam saja yang halal di sini. Sedangkan kebab daging sapi tidak disarankan oleh penjualnya karena daging tersebut impor dari Australia.

Lokasi: 2 Chome-14-18 Nishiasakusa, Taito, Tokyo, Japan. Dari Stasiun Metro Ginza Line ambil exit 1 ke arah Eki Mise. Saray Kebab ada di ujung Eki Mise.https://www.facebook.com/pages/Saray-Kebab/160582427454370

4. Ameyoko (アメ横) – Ueno, Tokyo

Doner Kebab Ameyoko

Doner Kebab Ameyoko

Sebenarnya Ameyoko adalah kumpulan banyak toko yang menjual berbagai macam barang terutama pakaian, sepatu, tas, dan barang elektronik. Di sini terdapat beberapa penjual makanan halal yang bisa dicoba oleh pelancong yang lapar setelah berbelanja. Salah satu kedai makanan yang Saya coba adalah Doner Kebab. Tidak jauh berbeda dengan Saray Kebab, Doner Kebab juga menawarkan kelembutan daging ayam yang dipadukan dengan sayuran segar seperti kol,slada, dan tomat. Ada beberapa level pedas yang dapat dipilih pembeli hanya dengan 500 yen saja perpotong kebab. Selain Doner Kebab, di Ameyoko juga ada kedai masakan India yang menyediakan masakan khas India seperti nasi briyani dan ayam goreng yang kesemuanya halal.

Lokasi: Ameyoko. Stasiun terdekat adalah Ueno.

5. King Kebab – Solado, Takeshita Street, Tokyo
Saya sendiri heran mengapa di Tokyo banyak sekali toko yang menjual kebab. Kebab terakhir yang pernah Saya beli adalah King Kebab. Soal harga dan rasa tidak jauh berbeda dengan Doner dan Saray. Menariknya, di King Kebab ini juga menyediakan menu nasi kebab dan kebab sushi, sushi yang di dalamnya berisi daging ayam/sapi yang telah dibumbui. King Kebab ini sangat cocok bagi pelacong yang kelaparan saat tengah menyusuri lorong kecil sepanjang Takeshita Street hingga Harajuku. Sepertinya hanya di King Kebab, Saya menyaksikan anak-anak muda Jepanng begitu rapinya antri untuk membeli kebab.

Lokasi: Solado, Takeshita Street, Shibuya-ku, Tokyo. Stasiun terdekat dengan takeshita street adalah stasiun Harajuku (JR Line) atau stasiun Omote-Sando menggunakan Chiyoda Line (jalur hijau).

6. Ayam Ya – Kyoto
Barangkali Ayam Ya adalah tempat makan favorit Saya (dan pelajar Indonesia) selama Saya berada di Kyoto. Tempat makan ini merupakan salah satu kedai ramen halal yang ada di Kyoto. Satu porsi ramen porsi besar dibanderol dengan harga 700-800 yen dan 80 yen untuk tambahan toping telur rebus. Ayam Ya buka setiap hari kecuali hari libur dari pukul 10-22, dan terdapat jam istirahat mulai pukul 14-17. Ada beberapa pilihan ramen yang menjadi unggulan kedai ini yaitu spicy ramen, soy ramen, dan ramen dingin. Porsinya yang besar dengan kuah ramen yang hangat sungguh nikmat disantap saat cuaca di luar begitu dingin. Salah satu pekerja di sini pun adalah pelajar di Indonesia yang bekerja paruh waktu sehingga memudahkan pelancong dari Indonesia yang ingin memesan makanan. Ayam Ya menyediakan satu ruang meditasi yang dapat digunakan oleh muslim untuk sholat. Jadi, sambil menunggu ramen pesanan datang pengunjung dapat melaksanakan sholat di bilik sebelah.

Lokasi: 〒 600-8238 3 Mikatakonyacho, Shimogyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture, Japan.Dari Stasiun Kyoto, ambil jalan ke arah APA HOTEL di jalan Shiokoji Dori. Jika kita menghadap ke Kyoto Tower, jalan Shiokoji tepat di depan kita. Segera berjalan ke arah kiri hingga bertemu pertigaan dimana ada APA HOTEL di ujung pertigaan. Ayam Ya terletak tepat di seberang hotel tersebut. https://www.facebook.com/ayamyamy/

7. Raju (Salman) – Yoshida, Kyoto
Kedai ini mungkin favorit mahasiswa muslim yang kuliah di Universitas Kyoto. Selain lokasinya yang berada di belakang kampus, Raju memiliki paket makan siang yang pas di kantong mahasiswa. Tidak begitu murah sebenarnya, tetapi 1 set makan siang lengkap mulai dari sup hingga teh tarik disajikan lengkap dengan harga 1000 yen. Menu yang ditawarkan adalah masakan khas India seperti roti prata, kare ayam, kare ikan, dan salad. Jangan sampai ketinggalan menyantap manggo lashi, hidangan penutup berupa yoghurt yang yang dicampur dengan mangga. Rasa asam dan manisnya cocok untuk menutup hidangan berat yang sudah masuk ke perut. Sama seperti Aya Ya, di sini sertifikat halal ditempel di salah satu dinding untuk meyakinkan bahwa semua makanan yang dihidangkan halal.

Ramen Halal Ayam Ya, Kyoto

Ramen Halal Ayam Ya, Kyoto

Lokasi: Dari Stasiun Kyoto cari bus yang menuju ke arah Universitas Kyoto (No. 17, No. 5, dan No. 206) kemudian turun di halte Hyakumanben (百万遍). Haltetersebut tepat di perempatan menuju Kyoto University. Jalan kurang lebih 5 menit ke arah kantor pos Hyakumanben nanti akan sampai di Raju.

8. Bintang Resto – Chuo-ku, Osaka
Ada cita rasa masakan Indoesia di Osaka dan itu bisa ditemukan di Bintang Resto. Resto ini menyediakan berbagai macam hidangan khas Indoesia yang dijamin halal dan cocok di lidah orang Indonesia. Menu yan dijual antara lain bakso, siomay, mie pangsit, hingga ayam penyet lengkap dengan sambel dan kerupuk udang. Satu porsi makanan di sini dapat dinikmati dengan merogoh kocek sebesar 800-1000 yen. Lokasinya sangat strategi d jantung kota Osaka dekat dengan pusat berlanjaan seperti Zara, Tokyo Hands, dan lain-lain. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi karena kokinya asli orang Sunda, penjualnya pun orang Jawa Asli jadi tidak perlu kesusahan mengucapkan menunya. Resto ini terletak di sebuah komplek gedung 4 lantai. Restonya benar-benar dibuat se-Indonesia mungkin dengan ornamen wayang dan kain batik. Ada juga tempat sholat di dalam resto. Meski hanya ruangan kecil dan muat untuk satu orang saja, ruangan tersebut sangat membantu muslim yang ingin menunaikan kewajibannya.

Lokasi: 4F Katie’s Shinsaibaishi 1-19-19 Higashi Sinsaibaishi, Chuo-ku, Osaka, 542-0083. Naik subway Osaka turun tujuan Sinsaibaishi. Keluar stasiun dari exit 2. Kemudian cari gedung ZARA yang terlihat besar. Bintang Resto ada di balik gedung ZARA tersebut di sebuah lorong kecil. Ada bendera merah putih kecil yang dipasang di depan gedung sebagai penanda resto.

Sebenarnya masih ada banyak kedai makanan atau resto halal yang tersebar di seluruh Jepang. Namun, Saya hanya pernah mencoba beberapa tempat makan di atas.Semoga tulisan ini bisa membantu traveler muslim yang berrencana untuk pergi ke Jepang. Kini tidak sulit lagi kan mengisi perut saat mengunjungi negara minoritas muslim? (okehore)

Categories: Jalan-Jalan, Jepang | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Halal Food in Japan: Pilihan Makanan di Tokyo, Kyoto, dan Osaka

  1. Kemaren selama di Jepang makannya selalu beli di minimarket,

  2. Kemaren selama di Jepang beli makan hampir selalu di minimarket. Pernah beli lunchbox 200yen di Asakusa trus pernah makan di Yoshinoya, tp bingung banget milih menu yg mgkn halal😀

  3. Pingback: Jalan-Jalan ke Tokyo yang tak Terduga saat Tahun Baru | TIOLOGY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: