Makanan Halal di Bangkok, Tidak Banyak tetapi Cukup Mudah Ditemukan

Bangkok is about shopping and dinning!

Siapapun yang pernah ke sini pasti setuju bahwa Bangkok menawarkan sejuta pilihan untuk berbelanja dan makan. Meski tidak mudah bagi wisatawan Muslim menemukan tempat makan yang halal, di beberapa lokasi masih dapat dijumpai makanan yang tidak hanya halal tetapi juga cocok di lidah orang Indonesia.

Berikut ini adalah rangkuman beberapa tempat makan halal di Bangkok yang pernah saya coba.

  1. Foodcourt MBK

Terletak di Siam, pusat kota Bangkok, MBK bagaikan one-stop-shopping in town. Baju, tas, sepatu, cinderamata, dan tentu saja makanan. Foodcourt yang terletak di lantai 6 bernama “MBK Food Island”. Terdapat dua gerai atau konter yang menjual makanan halal.

Yang pertama adalah kedai makanan timur tengah (Arab) yang terletak di dekat pintu masuk. Gerai ini menyajikan menu Kebab sapi dan ayam, nasi briyani, dan beberapa menu lainnya. Harga satu porsi kebab dipatok mulai harga THB 80. Porsinya cukup besar dan mengenyangkan. Dagingnya banyak dan terasa sangat juicy, tetapi rasanya tidak dimodif menjadi lidah Asia. Berbeda dengan kebab Asia yang umumnya lebih menonjolkan rasa gurih dan mayonaise.

Konter berikutnya adalah konter nomor 21 yang menjual menu-menu masakan Thailand halal seperti tom yum, yong tofu, dan menu nasi ayam saus Thailand. Harga makanan di gerai ini sangat murah berkisar antara THB 50-70 per porsi. Porsinya cukup besar dan banyak pilihan sambal seperti makanan Thai pada umumnya. Meskipun seporsi makanan disini cukup banyak, saya biasanya menghabiskan dua porsi makanan sekaligus agar awet kenyang selama jalan-jalan.

Di MBK juga tersedia mushola. Letaknya di lantai 5 untuk pria, dan lantai 4 untuk wanita. Dari foodcourt tinggal jalan menuju ke parkiran mobil. Ada tanda mushola (gambar orang sholat) di papan penunjuk dalam mall.

  1. The Platinum Fashion Mall

Indonesian Food di Foodcourt Platinum Mall

Mall ini merupakan pusat perbelanjaan enam lantai yang penuh dengan koleksi baju terbaru. Lima setengah lantai adalah produk-produk garmen dan aksesoris wanita. Sisanya koleksi fashion anak dan sedikit tempat untuk pria. Tempat ini cocok bagi mereka yang ingin tampil dengan gaya terbaru sekaligus berburu baju sebagai modal buka butik. Lelah sehabis berbelanja, ada foodcourt di lantai 6.

Salah satu gerai di sini menyajikan menu-menu masakan khas Indonesai seperti ayam penyet, tempe, sate, gado-gado, dan soto ayam. Nama gerainya “Kedai masakan Indonesia”. Harga satu porsi makanan bervariasi mulai THB 60 hingga THB 120. Sedikit lebih mahal dibandingkan makanan di MBK, tetapi tentu saja ini bisa dimaklumi sebab tidak mudah mencari tempe di Thailand.

  1. Chatuchak Market (JJ Weekend Market)

Peta Chatuchak

Ada salah satu tempat makan halal yang buka di pasar akhir pekan ini. Letak warung sangat strategis yaitu di clock tower Chatucak. Menara jam ini merupakan salah satu landmark yang paling gampang ditemukan saat sudah mulai kehilangan arah di dalam pasar. So if you want to find the halal food, just find the clock tower.

Warung ini menyediakan beragam menu masakan khas Thailand seperti tom yum, tofu, nasi goreng, chicken rice, termasuk juga hidangan penutup mulut seperti mango sticky rice dan rujak. Harga makanan dipatok mulai THB 100-200 perporsi. Menurut saya sih makanan di sini agak mahal ya tapi sebanding dengan porsinya yang sangat besar. Cocok sekali untuk mengisi perut setelah puas berbelanja di Chatuchak. Penjualnya sangat ramah dan dapat sedikit berbicara bahasa, mungkin karena orang Indonesia sering beli makan di situ ya.

 

 

 

Advertisements
Categories: Jalan-Jalan, Thailand | Tags: , , , , , , , , , | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Makanan Halal di Bangkok, Tidak Banyak tetapi Cukup Mudah Ditemukan

  1. Wah, seru Ko bacanya. THB 60 itu berapa rupiah?

    • 1 baht itu kurleb 380 rupiah, mbak cit. Berarti sekali makan 60 baht yaa 25ribuan laah. Masih muraah kan kaya di Malang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: